Erick Thohir Buka-bukaan soal Kedatangan Vaksin Covid-19

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Minggu 22 November 2020 04:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 21 320 2313666 erick-thohir-buka-bukaan-soal-kedatangan-vaksin-covid-19-rer2KzwjJs.jpg Vaksin (Shutterstock)

JAKARTA - Vaksin Covid-19 bakal didatangkan pada akhir November atau awal desember 2020. Vaksin yang didatangkan tersebut adalah vaksin yang sudah diproduksi dan masih berupa bahan baku.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut, pemerintah optimis bahwa kedatangan vaksin Covid-19 akan didatangkan pada tahun ini. Meski demikian, pemerintah tidak serta merta langsung melakukan proses penyuntikan atau vaksinasi.

Vaksinasi dilakukan usai Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin dan prosedurnya. Dengan kata lain, pemerintah membutuhkan waktu satu bulan untuk memastikan keamanan vaksin dalam prinsip kehati-hatian. Maka, vaksin diproyeksikan pemerintah akan didistribusikan pada 2021 mendatang.

"Konteksnya gini, datang (vaksin) sama disuntik itu beda lho. Kalau datang, saya optimis di akhir November atau awal Desember (2020), tetapi itu bukan divaksin, datang dulu barangnya karena ada dua macam vaksin, ada yang jadi ada yang berupa bahan baku yang perlu diproduksi dan perlu waktu satu bulan. Bersama dengan itu, proses BPOM harus dilalui dan standar WHO," ujar Erick.

Baca selengkapnya: Erick Thohir Bocorkan soal Jadwal Vaksinasi Covid-19

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini