Menghitung Cuan Investasi dengan Sharpe Ratio, Ini Penjelasannya

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Sabtu 28 November 2020 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 622 2317842 menghitung-cuan-investasi-dengan-sharpe-ratio-ini-penjelasannya-qKK2wGFmdb.jpg Rupiah (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Dampak pandemi Covid-19 mempengaruhi tren berinverstasi yang akhir-akhir ini sangat diminati banyak orang. Sebagian besar melakukan investasi untuk mendapatkan kebebasan finansial di masa tua nanti.

Salah satu jenis investasi yang banyak dilakukan adalah reksa dana. Sebelum melakukan investasi reksa dana, ada baiknya melakukan penilaian terhadap kinerja yang ingin dimiliki. Salah satu metode yang familiar digunakan dalam menilai kinerja yang memperhitungkan risiko dari reksa dana adalah sharpe ratio.

Baca Juga: 5 Cara Beli Mobil dengan Harga Miring 

Dilansir dari The Economics Times Jakarta, Sabtu (28/11/20), dalam dunia investasi, istilah sharpe ratio sudah tidak asing lagi. Sharpe ratio diambil dari nama seorang pemenang Nobel dan profesor keuangan, emeritus di Universitas Stanford, William F Sharpe.

Sharpe ratio adalah ukuran pengembalian risiko yang disesuaikan dari portofolio keuangan. Portofolio dengan sharpe ratio yang lebih tinggi dianggap lebih unggul dibandingkan dengan perusahaan sejenis.

 Rupiah Melemah di Angka Rp14.777/USD

Untuk menghitung sharpe ratio dapat menggunakan rumus berikut:

{R (p) - R (f)} / s (p)

Keterangan,

R (p): Pengembalian portofolio

R (f): Tingkat pengembalian bebas risiko

s (p): Deviasi standar portofolio

Jika dua reksa dana menawarkan pengembalian yang sama, reksadana dengan standar deviasi lebih tinggi akan memiliki sharpe ratio yang lebih rendah. Untuk mengimbanginya, reksadana perlu menghasilkan pengembalian yang lebih tinggi untuk mempertahankan sharpe ratio yang lebih tinggi pula.

Penambahan aset baru dapat memberikan penyegaran pada pengembalian portofolio secara keseluruhan tanpa menambah risiko. Hal ini dapat dilakukan untuk meningkatkan sharpe ratio.

Bagaimapun, perlu diketahui bahwa sharpe ratio adalah ukuran relatif dari pengembalian yang disesuaikan dengan risiko. Jika dianggap terpisah, tidak memberikan banyak informasi tentang kinerja reksa dana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini