Bicara Lobster, Susi Pudjiastuti Curhat Sambil Meneteskan Air Mata

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Senin 30 November 2020 06:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 29 320 2318365 bicara-lobster-susi-pudjiastuti-curhat-sambil-meneteskan-air-mata-pvO1dbShi3.png Susi Pudjiastuti. (Foto: Instagram Susi)

JAKARTAEkspor benih lobster telah menjadi polemik dalam beberapa waktu belakangan ini yang akhirnya menyeret Edhy Prabowo pada kasus korupsi. Akibat kebijakan ekspor benih tersebut, Susi Pudjiastuti mencurahkan isi hatinya untuk Lobster dan makhluk laut lainnya.

Melalui Instagram @susipudjiastuti115, sembari meneteskan air mata, Susi mengutarakan, lobster dan jenis hewan laut lainnya merupakan plasma nutfah yang secara genetik tidak bisa direkayasa manusia untuk keberlanjutan (sustainability) kehidupannya.

 

"Di seluruh dunia yang jualan bibit lobster hanya Indonesia, dan bibit sidat cuma Indonesia, juga yang memanen koral, memperjual belikan koral cuma Indonesia, apakah kita harus bangga kita satu-satunya yang jualan bibit lobster? Jualan koral? Tidak, mereka adalah plasma nutfah yang tidak bisa kita genetik rekayasa keberlanjutannya. Maaf saya menangis karena saya tahu," ujar Susi, Minggu (29/11/2020).

Lobster, ikan, dan udang merupakan kekayaan laut yang dimiliki Indonesia. Dengan menjaga dan mengelolanya dengan baik, Susi mengatakan, hewan laut tersebut akan meregenerasi secara mandiri.

Meski begitu, dia menegaskan, bahwa Indonesia tidak peduli dengan plasma nutfah. Bahkan, dia mengingatkan bahwa SDA saat ini bukan milik kita, tapi milik generasi Indonesia selanjutnya.

Baca Selengkapnya: Susi Bilang Cuma Indonesia yang Jualan Benih Lobster

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini