Luhut: Tolong yang Kena Covid-19 Segera ke Tempat Isolasi, Tak Usah Malu!

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 21:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 320 2319832 luhut-tolong-yang-kena-covid-19-segera-ke-tempat-isolasi-tak-usah-malu-N7yq9MShrI.jpg Menko Luhut Imbau Semua yang Positif Covid Segera Isolasi. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, angka terkonfirmasi positif Covid-19 di lima kabupaten dan kota di Jawa Tengah dalam dua minggu atau pasca-libur panjang meningkat.

"Angka positif di Semarang, Kudus, Surakarta, Pati, dan Kudus agak naik dalam tujuh hari belakangan,” ujar dia dalam Rapat Koordinasi Kenaikan Kasus Covid-19 Jawa Tengah (Jateng), Selasa (1/12/2020).

Baca Juga: Jurus Mendag Pulihkan Ekonomi di Tahun Depan, Jaga Konsumsi Dalam Negeri

Dia pun menyebutkan bahwa, kini Kota Semarang memiliki kasus tertinggi di Jawa Tengah sebanyak 12.019 kasus dengan tingkat kematian tertinggi hingga 751 orang.

Melihat kecenderungan tersebut, Luhut minta agar Pemprov Jateng meningkatkan pemanfaatan fasilitas isolasi terpusat untuk pasien tanpa gejala dan bergejala ringan sehingga pasien dapat dipantau secara optimal.

Baca Juga: Ada Vaksin Covid-19, Realisasi Anggaran PEN Bisa Capai Rp664 Triliun

"Seperti di Wisma Atlet, pasien bergejala awal dan ringan cepat ditangani dan diisolasi sehingga mencegah kondisi gawat yang menyebabkan kematian," jelas dia.

Dia khawatir, bila pasien yang sudah terkonfimasi positif tidak segera diisolasi justru akan menularkan kepada keluarga terdekat sehingga menjadi klaster keluarga.

"Tolong Pak Ganjar (Gubernur Jateng) dan walikota yang kasusnya tinggi segera perbanyak fasilitas isolasi mandiri terpusat berkoordinasi dengan BNPB, nanti dananya dibantu mereka," kata Menko Luhut.

Selain itu, dia juga meminta agar Pangdam Diponegoro dan Kapolda Jawa Tengah membantu Gubernur Jawa Tengah untuk melakukan sosialisasi terus-menerus kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan.

"Tolong bantu juga untuk mendorong supaya mereka yang kena atau positif segera ke tempat isolasi. Tidak usah malu," tandas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini