Dapat Bonus Akhir Tahun? Jangan Lupa Bayar Cicilan hingga Investasi

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 13 Desember 2020 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 13 622 2326706 dapat-bonus-akhir-tahun-jangan-lupa-bayar-cicilan-hingga-investasi-4XZJjq1KQw.jpg Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Dampak pandemi Covid-19 membuat banyak perusahaan harus mengambil strategi baru untuk tetap menjalankan usahanya. Hal ini dilakukan juga untuk melindungi para karyawan dari pemutusan hubungan kerja (PHK).

Pandemi telah membuat banyak perusahaan di seluruh dunia gulung tikar. Tak bisa berbuat apa-apa, perusahaan terpaksa memberhentikan sebagian karyawannya. Meskipun begitu, masih ada perusahaan yang tetap berusaha melindungi karyawannya bahkan berencana akan tetap memberikan bonus.

Baca Juga: Gaji Naik Bikin Gaya Hidup Boros, Atasi dengan 2 Langkah Ini 

Apabila Anda termasuk salah satu pekerja yang beruntung di tengah pandemi ini, yang mana masih menerima bonus akhir tahun, maka penggunaannya harus secara bijak. Salah satunya dengan cara mengalokasikan untuk membayar cicilan kredit agar nanti tak mengambil jatah dari gaji bulanan.

"Hal ini bertujuan agar kita tidak terbebani dengan dengan utang dan bunga atau cicilan bila ada," kata Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho kepada Okezone.

 

Dia mengingatkan agar sebagian dari dana tersebut juga ada yang dialokasikan ke dalam dana darurat. Hal itu sebagai bentuk antisipasi sewaktu-waktu keuangan mengalami krisis.

"Sebagai dana darurat dan tabungan. Hal terutama bila kondisi keuangan kita sedang kurang baik, sehingga kita memiliki cadangan dana yang mencukupi bila terjadi krisis," ujarnya.

Kemudian, bisa juga diinvestasikan, sehingga untuk jangka panjang bisa menikmati pertumbuhan nilainya.

"Pembagian proporsi bonus tahunan tadi untuk berbagai kebutuhan tadi bisa masing-masing kebutuhan 20%, atau disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini