Sri Mulyani: Indonesia Dianggap Negara Risiko Tinggi Korupsi

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 320 2332725 sri-mulyani-indonesia-dianggap-negara-risiko-tinggi-korupsi-dmJzGyS1QK.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani menilai Indonesia masih dianggap sebagai negara yang punya resiko tinggi untuk kasus korupsi. Dia mengatakan dari sisi tata kelola dari sisi korupsi dari sisi pelanggaran masih terjadi.

Baca Juga: Kabar Baik, Sri Mulyani Pastikan Subsidi Kuota Internet Lanjut di 2021

"Jadi kita secara profesional sebagai sebuah asosiasi untuk para internal auditor sudah Selayaknya dan seharusnya merasa tidak puas itu dalam suasana biasa," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Rabu (23/12/2020).

Baca Juga: Hari Ibu, Sri Mulyani Butuh Emak-Emak yang Tak Menyerah dan Kuat!

Lalu, dia menambahkan kembali mengenai peran strategis yang perlu ditingkatkan kepada organisasi profesi yang beranggotakan perorangan dan unit kerja Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

"Kita semua telah memahami bahwa AAIPI memiliki peran strategis untuk memperkuat dan menunjang efektivitas sistem pengendalian intern dalam mewujudkan pemerintahan yang efektif dan akuntabel," katanya.

Menurutnya, seluruh APIP untuk melaksanakan pengawasan intern yang bernilai tambah bagi organisasi, baik di Kementerian Lembaga maupun Pemerintah Daerah (Pemda). Yakni melalui kegiatan assurance dan konsultansi atas penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah termasuk akuntabilitas atas pengelolaan keuangan negara.

"Bahkan harus best practice audit intern terkini mendorong unit audit intern untuk menjadi trusted advisor bagi organisasi dalam menghadapi permasalahan saat ini," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini