Efek Pandemi, Banyak Emak-Emak Buka Bisnis Rumahan

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 24 Desember 2020 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 24 455 2333288 efek-pandemi-banyak-emak-emak-buka-bisnis-rumahan-6v1Oyr0N5o.jpg Ilustrasi Tips Memulai Bisnis (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Banyak yang mendadak menjadi pengusaha selama pandemi covid-19. Biasanya bisnis yang dirintis adalah usaha rumahan. Sebab, pandemi Covid-19 yang menyebabkan ketidakpastian ekonomi memberikan dampak yang sangat besar pada pengelolaan keuangan yang dilakukan para ibu.

Baca Juga: 7 Rahasia di Balik Kesuksesan Bisnis Rumahan

Perencana Keuangan Prita Ghozie mengatakan semangat berbisnis semakin kuat menular di antara kalangan ibu-ibu. Ini hal yang positif sekali dan solusi cerdas yang bisa dilakukan oleh para ibu, karena dengan semangat berbisnis para ibu bisa memiliki penghasilan tambahan dari kegiatan yang disukainya, seperti memasak, atau membuat karya kerajinan yang banyak diperlukan oleh masyarakat saat ini.

"Saya sangat percaya bahwa satu perempuan cerdas akan melahirkan satu generasi cerdas," ujar Prita Ghozie di Jakarta, Kamis (24/12/2020).

Baca Juga: Tambah Pemasukan dari 5 Bisnis Rumahan

Lalu, kata dia banyak klien yang bertanya bagaimana membagi pos-pos pengeluaran, setelah mendapatkan penghasilan tambahan. Ada yang merasa karena itu penghasilan tambahan, jadi bisa dipakai untuk hal-hal yang non prioritas.

"Karena itu, kami menyarankan agar mulai menginvestasikan penghasilan tambahan mereka untuk tujuan masa depan ke pilihan aset investasi jangka panjang seperti instrumen pasar modal," imbuhnya.

Dia menambahkan sebagai pengelola keuangan rumah tangga, para ibu tidak perlu panik dalam mengelola keuangan, yang terpenting dan harus dilakukan adalah menyusun rencana menabung dan rencana belanja.

"Berikutnya adalah disiplin dalam menjalankan rencana tersebut, karena dalam rumah tangga, seorang ibu itu bisa diibaratkan sebagai nakhoda yang harus mengelola arus keuangan keluarga. Dengan melakukan pengelolaan keuangan termasuk sudah memiliki proteksi yang jelas bagi keluarga," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini