Bocoran Menperin, Toyota Investasi Rp28 Triliun Produksi Mobil Listrik

Ferdi Rantung, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 320 2335016 bocoran-menperin-toyota-investasi-rp28-triliun-produksi-mobil-listrik-83kHfxfKft.jpg Investasi (Foto: Ilustrasi Okezone.com)

JAKARTA - Pengembangan industri mobil listrik di Indonesia mendapat angin segar. Sebab Toyota berencana menanamkan modal di produksi mobil listrik.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan, bahwa produsen otomotif asal jepang, Toyota Group akan bekerjasama produksi kendaraan listrik di Indonesia. Dalam Kerjasama ini, kata Agus, Toyota telah berkomitmen untuk berinvestasi senilai Rp28 triliun.

Baca Juga: Mobil Listrik Rute Jakarta-Bali Diuji Coba, Hasilnya?

"Pihak Toyota sudah memberikan komitmen bahwa mereka akan mulai melakukan investasi sampai 3 tahun ke depan sebesar Rp28 triliun," Kata Agus Gumiwang dalam konferensi Persnya Akhir Tahun 2020 Kemenperin, Senin (28/12/2020).

Baca Juga: Tantangan hingga Persaingan Mobil Listrik di Indonesia pada 2021

Dalam komitmen tersebut, rencananya Toyota akan mulai produksi kendaraan listrik pada tahun 2023. Toyota akan membangun atau mengembangkan produk-produk kendaraan hybrid, plugin hybrid, dan juga full electric vehicle di Indonesia.

Agus menegaskan, bahwa komitmen itu sudah disampaikan langsung oleh pihak Toyota kepada dirinya. Hal ini tentu sangat menjanjikan dalam rangka pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

"Saya sendiri juga sudah melakukan pertemuan-pertemuan dengan pihak Toyota dari Jepang, di mana pihak Toyota juga sudah memberikan komitmen kepada saya. Jadi ini suatu hal yang sangat promising untuk pengembangan kendaraan berbasis baterai listrik yang ada di Indonesia," tandasnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini