Untung dan Rugi Investasi Saham, Simak di Sini

Michelle Natalia, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2021 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 278 2340330 untung-dan-rugi-investasi-saham-simak-di-sini-UywG5CLKjy.jpg Investasi Saham (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan beberapa keuntungan investasi saham yang bisa menjadi instrumen investasi untuk generasi muda saat ini.

Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot mengatakan, ada tiga keuntungan yang diperoleh jika memilih investasi saham. Pertama yaitu adanya keuntungan yang diperoleh investor ketika harga penjualan dikurangi harga pembelian saham.

"Misalnya investor membeli saham ABC dengan harga perlembar saham Rp1,000 kemudian menjualnya dengan harga Rp1.500 per lembar saham. Berarti investor tersebut mendapatkan capital gain sebesar Rp500 per lembar saham," ujar Sekar di Jakarta, Kamis (7/1/2021).

Baca Juga: Untung Rugi Investasi Saham 

Keuntungan kedua. Investor mendapatkan dividen yang mana merupakan bagian keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada investor pemegang saham perusahaan tersebut.

"Makin besar saham yang dimiliki investor makin besar pula porsi dividen yang diterima," jelasnya.

Keuntungan ketiga. Investor bisa ownership. Artinya investor menjadi bagian dari kepemilikam saham serta memiliki hak untuk mengikuti rapat umum pemegang saham (RUPS).

Sedangkan kerugian dalam berinvestasi saham adalah ketika saham mengalami capital loss. Artinya, penjualan kurang dari pembelian saham.

"Misalnya investor membeli saham ABC dengan harga perlembar saham Rp1.500 kemudian menjualnya dengan harga Rp1.000 per lembar saham. Berarti investor tersebut mendapatkan capital loss sebesar Rp500 per lembar saham," bebernya.

Lalu, investor bisa saja masuk dalam saham likuid. Artinya, saham yang tidak populer. Hanya sedikit yang beredar sehingga sulit dijual.

Selain itu terjadinya delisting. Artinya adanya penghapuasan pencatatan di bursa efek Indonesia (BEI), sehingga saham tidak bisa ditransaksikan di BEI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini