Menko Luhut Minta Sandiaga Tunda Pembangunan Hotel, Ini Alasannya

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2021 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 320 2341206 menko-luhut-minta-sandiaga-tunda-pembangunan-hotel-ini-alasannya-l48Zqu0PVY.jpg Hotel online (Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk mengurangi pembangunan hotel.

Menurut Luhut kemungkinan wisatawan asing belum banyak berminat mengunjungi Indonesia hingga dua tahun ke depan. Di mana selama dua tahun ke depan pemerintah akan fokus untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik.

 Baca juga; Sepi Turis Asing dan Domestik, Tingkat Hunian Hotel Bali Nyungsep

"Jadi pemulihan wisatawan domestik lebih cepat dari pada yang dari luar. Pasalnya di sana ada travelling distance yang menjadi isu. Maka saya pikir ini masih butuh satu dua tahun," ujar dia dalam video rapat koordinasi secara virtual, Jumat (8/1/2021).

Pihaknya juga memberikan instruksi agar Menparekraf Sandiaga fokus mengelola dan memperbaiki kualitas tempat-tempat wisata di Indonesia.

 Baca juga: Resesi di Depan Mata, Industri Hotel Bisa Terselamatkan jika Vaksin Berhasil

"Maka pembangunan hotel mungkin ini diminimumkan saja pak Sandiaga Uno. Namun spot tourism-nya diperbaiki dengan kualitas di tempat itu," ungkapnya.

Dia menambahkan perbaikan kualitas yang bisa dilakukan, seperti meningkatkan kualitas souvenir-souvenir di tempat wisata yang merupakan buatan dalam negeri.

"Misalnya souvenir, buatan-buatan dalam negeri, yang UMKM tapi kualitas bagus. Hal itu harus jadi perhatian kita," tandas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini