Ingin Jadi Mompreneur, Jangan Lupakan Skill dan Modal

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Rabu 20 Januari 2021 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 455 2347696 ingin-jadi-mompreneur-jangan-lupakan-skill-dan-modal-7V4uswc66s.jpg Ilustrasi Tips Memulai Bisnis (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Mompreneur merupakan istilah untuk ibu rumah tangga yang memiliki dan mengolah usahanya sendiri. Selain mengurus anak dan rumah tangga, dia juga mengurus bisnisnya.

Seorang Mompreneur bisa jadi seorang yang multitasking karena harus mampu mengerjakan berbagai hal dalam satu waktu. Seorang mompreneur perlu tenaga ekstra dan persiapan yang matang untuk bisa maksimal mengerjakan kedua peran tersebut.

Baca juga: 6 Keuntungan Menjalankan Bisnis Online

Mengutip dari buku 99 Bisnis Ibu Rumah Tangga karya Malahayati, Rabu (20/1/2021) ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum menjadi mompreneur.

Persiapan mental dan skill, mungkin awalnya seorang ibu yang biasa mengurus rumah tangga akan tidak nyaman saat memasuki dunia baru sebagai pengusaha. Sebab itu sebelum memasuki dunia usaha harus mempersiapkan mental untuk menerima segala risiko. Selain mental, skill dan keahlian juga perlu dipersiapkan. Akan lebih mudah apabila skill tersebut sesuai dengan kebiasaan atau pengalaman calon mompreneur.

 

Persiapan modal, maksudnya ialah dalam segi finansial atau uang. Modal merupakan salah satu faktor penting dalam membuka usaha. Setelah memiliki modal yang cukup, siapkan tempat usaha. Jika ingin dilakukan di rumah, maka siapkan ruangan khusus agar terpisah antara privasi rumah tangga dan usaha.

Persiapan waktu, memutuskan menjadi mompreneur berarti harus lebih adil dalam mengatur waktu yang dimiliki. Cerdaslah dalam membagi waktu untuk pribadi, keluarga, dan sosial. Mungkin tidak mudah, namun dengan tekad yang sungguh-sungguh dan support sekitar pasti dapat mengaturnya.

Persiapan jaringan, salah satu kunci sukses bisnis adalah berhasil atau tidaknya dalam dalam membangun dan memanfaatkan jaringan. Jika tidak ada jaringan yang kuat maka dipastikan bisnis sulit maju. Jaringan merupakan sarana bisnis yang paling efektif, dan dapat memberikan kurang lebih 80% keuntungan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini