6 Cara Kelola Gaji agar Tak Cepat Habis, Jangan Lupa Sedekah

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2021 05:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 622 2350515 6-cara-kelola-gaji-agar-tak-cepat-habis-jangan-lupa-sedekah-6qQ85suMwy.jpg Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Mendapatkan kenaikan gaji merupakan keuntungan dan kesenangan bagi pekerja. Sebab dengan gaji yang bertambah dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup lebih banyak.

Namun gaji kerap habis sebelum waktunya jika tidak dialokasikan dengan benar. Hal ini disebabkan oleh penggunaan uang gaji yang tidak tepat. Salah satu hal penting yang harus dilakukan agar gaji tidak habis begitu saja dengan melakukan investasi.

“Setelah gaji keluar, langsung buat pembagian. Plot-plotkan sesuai dengan kebutuhan, setelah itu sisihkan untuk investasi dan tabungan,” ujar Perencana Keuangan Andi Nugroho saat dihubungi Okezone, Selasa (26/1/2021).

Baca Juga: Gaji Dipotong selama Pandemi, Begini 6 Cara Mengatasinya 

Jika ingin berinvestasi dan menabung sebaiknya sisihkan di awal waktu gaji keluar. Idealnya sisihkan 10% dari gaji untuk investasi dan tabungan. Namun disesuaikan kembali kepada tanggungan masing-masing. Jika belum berkeluarga dan tidak memiliki tanggungan biaya hidup keluarga bisa menyisihkan lebih dari 10%, begitupun sebaliknya.

Andi menyarankan untuk membuat pembagian gaji dengan bentuk persenan agar penggunaan gaji lebih maksimal. Berikut tips pengalokasian gaji:

1. Kebutuhan sehari-hari, seperti makan, transport kerja, dan pembayaran cicilan: 55%

2. Tabungan atau investasi: 10%

3. Dana darurat: 10%

4. Hiburan: 10%

5. Upgrade skill, seperti kursus: 10%

6. Sedekah: 5%

Persentase tersebut hanya patokan, khususnya untuk yang masih bingung terkait pengalokasian uang gaji. Bisa juga membuat persentase sendiri sesuai dengan kebutuhan. Pastikan untuk disiplin menggunakan persentase tersebut agar keuangan lebih teratur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini