Joe Biden Tandatangani Perintah Beli Produk AS

Agregasi VOA, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2021 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 320 2350946 joe-biden-tandatangani-perintah-beli-produk-as-h9OOUdJpbC.jpg Joe Biden (Foto: Youtube/Joe Biden)

JAKARTA - Presiden AS Joe Biden menandatangani sebuah perintah eksekutif (Keppres) yang bertujuan memperkuat komitmen pemerintah nasional untuk membeli produk-produk buatan AS pada Senin 25 Januari 2021 waktu setempat.

Perintah itu ditandatangani ketika ekonomi terbesar di dunia itu melamban akibat pandemi virus corona.

Meski semua pemimpin AS telah berkomitmen untuk menjalankan program Beli (Produk) Amerika, Gedung Putih mengatakan perintah Biden itu akan menutup celah yang memungkinkan perusahaan-perusahaan melakukan produksi dan menyediakan lapangan kerja di luar negeri, namun masih menerima preferensi domestik.

Baca Juga: AS Bakal Terbitkan Uang USD20 Gambar Tubman, Aktivis Wanita Kulit Hitam 

Gedung Putih mengatakan perintah Biden itu akan menjamin agar pemerintah federal menginvestasikan dana pajak rakyat ke bisnis-bisnis AS -- baik besar maupun kecil, termasuk dari pengusaha dan pebisnis yang dimiliki kaum minoritas.

“Dana yang dibelanjakan pemerintah federal untuk membayar barang dan jasa merupakan cara yang bagus untuk mendukung para pekerja dan pabrik-pabrik AS," kata Gedung Putih. Dana kontrak saja menggunakan 600 miliar dolar anggaran federal.

Gedung Putih mengatakan perintah Biden itu akan memerintahkan badan-badan federal untuk menutup celah dalam definisi produk-produk Amerika, memastikan bahwa produk-produk itu betul-betul dibuat di AS untuk memenuhi kualifikasi sebagai produk buatan Amerika.

Perintah Beli (Produk) Amerika itu merupakan yang terbaru dari serangkaian perintah ekskutif yang ditandatangani Biden dalam lima hari pertamanya menjabat sejak Rabu lalu (20/1).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini