Resolusi 2021 Ingin Beli Rumah, Lakukan 4 Hal Ini

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 07:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 470 2351692 resolusi-2021-ingin-beli-rumah-lakukan-4-hal-ini-SDIrw7tX11.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Pergantian tahun menjadi ajang untuk menentukan dan mewujudkan resolusi yang diinginkan. Salah satu resolusi yang banyak diimpikan orang adalah membeli rumah.

Membeli rumah bisa dikatakan sebagai resolusi yang rumit, sebab saat ini harga rumah relatif mahal. Oleh karena itu harus disesuaikan dengan kemampuan finansial setiap orangnya.

Baca Juga: Orang Asing Boleh Beli Rusun di RI? Ini Penjelasan Menteri ATR

“Memiliki resolusi apapun harus disesuaikan dengan kemampuan, terutama jika membeli rumah. Butuh kesabaran karena akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa melunasinya. Namun jika sungguh-sungguh pasti akan tercapai,” ujar Perencana Keuangan Andi Nugroho saat dihubungi Okezone, Senin (25/1/2021).

Andi juga membagikan tips yang bisa dilakukan untuk mencapai resolusi membeli rumah, berikut caranya:

Baca Juga: Ingin Investasi Rumah, Ini 5 Cara Naikkan Harganya

Pertama, realistis dan cari rumah yang sesuai kemampuan. Sesuaikan harga rumah dengan penghasilan agar mampu untuk membayar uang muka dan cicilan. Jika budget terbatas maka pilih rumah di pinggiran kota agar pembayarannya masih bisa dijangkau.

Kedua, kumpulkan uang untuk pembayaran. Sisihkan pendapatan untuk membayar uang muka dan cicilan rumah.

“Sekarang untuk beli rumah minimal uang muka 20% dari harga pasaran rumah tersebut. Hitung penghasilan dan sisihkan beberapa persen,” ujar Andi.

Ketiga, investasikan uang supaya mendapat hasil lebih maksimal. Selain ditabung di bank, bisa diinvestasikan melalui reksa dana campuran atau berbasis saham. Terlebih jika punya pengetahuan dan skill trading, bisa melakukan investasi saham.

Terakhir, jika mendapat uang lebih seperti bonus dari kantor pergunakan uang menambah pembayaran uang muka dan cicilan rumah. Kesampingkan keinginan yang tidak terlalu krusial, seperti jalan-jalan.

“Jika punya keinginan membeli rumah impian dan sudah ngebet banget, mau tidak mau harus menekan keinginan. Misalnya kalau mendapat bonus tahunan dari kantor, sisihkan setengahnya atau 75% untuk menambahkan pembayaran uang muka daripada untuk liburan dan senang-senang,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini