Cair Lagi Bulan April, Ini Syarat Penerima BLT PKH Ibu Hamil hingga Anak Sekolah

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2021 05:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 320 2354587 cair-lagi-bulan-april-ini-syarat-penerima-blt-pkh-ibu-hamil-hingga-anak-sekolah-6omaEi3bZy.jpeg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) melalui Program Keluarga Harapan (PKH). Bantuan ini akan diberikan kepada keluarga kurang mampu yang terdapat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dan memiliki komponen sebagai persayaratan yang ditetapkan sebagai peserta PKH.

Mengutip dari uggahan Instagram Kemensos, Senin (1/2/2021), program bantuan langsung tunai ini bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup (melalui akses layanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial), dan mengurangi beban pengeluaran. Serta mendorong perubahan perilaku kemandirian, mengurangi kemiskinan, dan inklusi keuangan.

Pemerintah akan menyalurkan bantuan sebesar Rp900.000 hingga Rp3 juta per tahun. Program bantuan ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu komponen kesehatan, komponen pendidikan, dan komponen kesejahteraan sosial. Adapun rincian kriteria keluarga penerima manfaat PKH sebagai berikut:

 

1. Komponen kesehatan: Ibu hamil (maksimal dua kali kehamilan) dan anak usia dini 0 s/d 6 tahun (maksimal dua anak).

2. Komponen pendidikan: SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA sederajat anak usia 6 s/d 21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun.

3. Komponen kesejahteraan sosial: Lanjut usia >70 (maksimal satu orang dan berada dalam keluarga), dan penyandang disabilitas berat fisik maupun mental (maksimal satu orang dan dalam keluarga).

Baca Selengkapnya: BLT PKH Ibu Hamil hingga Anak Sekolah Cair Lagi Bulan April, Ini Syaratnya

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini