Gaji Kena Potong? Simak 5 Cara Ini agar Bisa Bertahan Hidup

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2021 22:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 622 2355084 gaji-kena-potong-simak-5-cara-ini-agar-bisa-bertahan-hidup-qkUWUzjLSl.jpg Rupiah (Foto: Okezone)

JAKARTA – Waktu gajian telah tiba, para pekerja telah mendapatkan gaji selama sebulan. Namun, tak jarang dari mereka yang terkena pemotongan gaji akibat pandemi Covid-19.

Beberapa perusahaan mengadopsi pendekatan lain dengan memangkas kompensasi untuk menutup kerugian pendapatan dan mempertahankan pekerjanya akibat pandemi yang masih melanda dunia, tak terkecuali Indonesia.

Ketika terkena pemotongan gaji, terima dengan tenang dan segera lakukan beberapa langkah penyesuaian agar pemenuhan kebutuhan hidup bisa tetap dijalankan.

Dilansir dari The Balance, Jakarta, Selasa (2/2/2021), jika terkena pemotongan gaji yang tidak terduga karena Covid-19, ada tindakan yang dapat dilakukan untuk tetap bertahan secara finansial.

Baca Juga: Mulailah Menyiapkan Dana Darurat Bagi yang Masih Bergaji Full

Oleh sebab itu, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan ketika terkena pemotongan gaji.

1. Buat Anggaran Baru

Setiap kali penghasilan berubah, tinjau kembali anggaran dan buat penyesuaian. Jika baru pertama dalam penganggaran, langkah pertama adalah membuatnya. Cantumkan semua pengeluaran dan beri label pengeluaran mana yang dibutuhkan dan mana yang diinginkan.

Kemudian tinjau laporan kartu kredit dan bank untuk memastikan tidak mengabaikan biaya berulang yang mudah terlewat, seperti biaya bulanan untuk layanan streaming. Di samping setiap pengeluaran, catat apakah itu kebutuhan atau keinginan.

Bahkan, memangkas daftar keinginan pribadi harus dilakukan jika tingkat gaji yang baru membuat memiliki lebih banyak tagihan daripada uang . Jika pemotongan ini masih belum cukup, dapatkan lebih banyak keinginan dari anggaran sehingga total pengeluaran kurang dari atau sama dengan uang yang masuk.

2. Kurangi Pengeluaran

 

Cara lain untuk mengurangi anggaran dari penyesuaian pemotongan gaji adalah dengan memotong semua pengeluaran yang tidak penting dengan persentase tertentu. Pengurangan itu bisa dengan menghilangkan pembelian barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

3. Hemat Kebutuhan

 

Sambil bekerja menuju anggaran yang layak untuk rumah tangga tinjau daftar kebutuhan dan identifikasi barang-barang yang dapat dihemat.

Jika termasuk orang yang berjuang dengan pembayaran kartu kredit karena pemotongan gaji terkait pandemi, mungkin memenuhi syarat untuk suku bunga yang lebih rendah, pembayaran yang dikurangi atau ditangguhkan, pembebasan biaya keterlambatan, atau rencana pembayaran kembali berdasarkan situasi.


4. Jangan Kurangi Dana Pensiunan

Tampaknya masuk akal untuk mengurangi atau menghentikan kontribusi pensiun untuk membebaskan lebih banyak uang tunai. Namun, melakukan hal itu dapat berdampak serius bagi rencana pensiun dan membatasi kekuatan bunga majemuk untuk menguntungkan.

Selama tidak mengorbankan kartu kredit atau pembayaran lain yang dapat merusak kredit, cobalah menyumbang setidaknya sebagian kecil untuk pensiun setiap bulan. Misalnya, sesuaikan persentase kontribusi dengan 10% dari pendapatan.

5. Pikirkan Tujuan Jangka Panjang

Jika pandemi virus corona mengubah perspektif dan pemikiran pribadi tentang karier, luangkan waktu untuk menyusun daftar tujuan jangka panjang baru.

Jika sekarang menginginkan karier yang lebih bermakna, untuk mendapatkan lebih banyak uang, atau menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga, catat item tindakan tertentu untuk mewujudkan tujuan itu. Juga, tetapkan tenggat waktu yang layak untuk tujuan yang ditetapkan agar mencapainya secara realistis.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini