Bansos Tunai Rp300.000 Cair Serentak, Berikut Faktanya

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 08 Maret 2021 05:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 07 320 2373779 bansos-tunai-rp300-000-cair-serentak-berikut-faktanya-qrHVc0oXXS.jpg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA - Bansos tunai Rp300.000 tahap ketiga disalurkan secara serentak pada awal Maret kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak pandemi COVID-19.

Okezone telah merangkum 4 fakta mengenai Bansos tunai Rp300 ribu cair serentak, Senin (8/3/2021):

 Baca juga: Hitung-hitungan Bansos-BLT untuk Orang Miskin dan Bebas Pajak bagi si Kaya

1. Penyaluran Bansos Rp300 Ribu Mulai Maret

 

"Untuk Bantuan Sosial Tunai tahap tiga akan disalurkan serentak pada Maret 2021 kepada semua keluarga penerima manfaat di seluruh wilayah Indonesia," kata Dirut PT Pos Faizal R Djoemadi dilansir.

Faizal mengatakan, penyaluran bansos yang dilakukan selama ini berjalan lancar tanpa kendala berarti meski sebelumnya beberapa daerah terdampak banjir.

 Baca juga: 5 Fakta Bansos Cair Bulan Ini, Nomor 4 Paling Ditunggu

2. Bansos Bakal Sesuai Target

Dia memastikan, dengan mengerahkan segala sumber daya PT Pos, penyaluran BST tahap ketiga juga akan berlangsung sesuai target dan tepat jumlah serta tepat sasaran.

“Kita maksimalkan pada jaringan dan pola kerja yang tersistematis, sehingga penyaluran BST berjalan baik. Kita harus pastikan Bantuan Sosial Tunai dari pemerintah harus sampai ke seluruh wilayah Indonesia yang terdiri dari 524 wilayah kabupaten kota, lebih dari 83.447 wilyah kelurahan dan desa," tambah Faizal.

3. Bansos Tidak Disalurkan Apabila Tidam Sesuai DTKS

Dia menegaskan, PT Pos tidak akan menyalurkan dana BST apabila data penerima tidak sesuai dengan basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).

"Misalnya, nama penerima berbeda dengan data yang terdaftar, alamat salah atau tidak bisa ditemukan," kata dia.

4. Bansos Didistribusikan Sejak Januari hingga April

Dia juga berpesan kepada seluruh Insan Pos yang berada di lapangan agar tetap menerapkan protokol kesehatan saat melakukan penyaluran BST.

Pemerintah memberikan BST kepada warga tidak mampu yang terdampak pandemi sebesar Rp300 ribu per keluarga setiap bulan yang didistribusikan sejak Januari hingga April 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini