5 Cara Simpel Wujudkan Impian Beli Rumah Kedua

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Kamis 11 Maret 2021 21:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 622 2375664 5-cara-simpel-wujudkan-impian-beli-rumah-kedua-VFNLZOx71R.jpg Rumah (Shutterstock)

JAKARTA – Membeli rumah kedua merupakan impian banyak keluarga. Memiliki rumah untuk bersantai di akhir pekan, menyewakan untuk penghasilan tambahan, atau apa pun alasannya, berinvestasi di real estat dapat memberikan dampak positif bagi portofolio keuangan dan gaya hidup.

Namun, banyak orang berhenti untuk mewujudkan impian memiliki rumah kedua karena kendala biaya. Bagaimana bisa membayar uang muka properti tambahan, sambil tetap mengelola pengeluaran untuk rumah pertama? Ini membutuhkan perencanaan yang cermat dan menyimpan uang ekstra sesering mungkin.

 Baca juga: Investor Pemula, Pahami Dulu Hal Ini agar Sukses Berinvestasi

Dilansir dari Real Simple, Kamis (11/3/2021), berikut lima cara kecil yang dapat dilakukan untuk mewujudkan impian memiliki rumah kedua.

1. Perhatikan Rekening Giro dan Tabungan

Di mana tempat menaruh uang, dapat membuat semua perbedaan dalam mencapai tujuan tabungan. Pertama, pastikan bahwa rekening koran yang digunakan tidak membebani dalam membayar biaya bank.

Baca juga: 5 Tips Memulai Investasi Saham bagi Mahasiswa

Penting juga untuk memastikan bahwa mendapatkan tingkat bunga yang layak di rekening tabungan. Bandingkan suku bunga rekening tabungan di beberapa bank untuk menemukan bank mana yang akan menguntungkan.

2. Hindari Pembelian Impulsif

Untuk menghindari godaan pembelian impulsif, disarankan untuk menghapus informasi pembayaran dan pengiriman dari toko online, mematikan notifikasi pop-up dari aplikasi deal, dan menunggu beberapa hari sebelum menyelesaikan pembelian.

Setiap kali menghindari pembelian impulsif, masukkan uang yang akan dikeluarkan itu ke tabungan. Ini akan menjadi cara kecil dan membantu untuk membeli rumah kedua lebih cepat.

3. Pantau Diskon dan Promosi

Biasa orang-orang tidak kembali dan memeriksa harga suatu barang lagi setelah mereka menyelesaikan pembelian. Padahal, toko-toko mengubah harga sepanjang waktu, dan kebanyakan akan memberi promosi pengembalian dana sebagian.

Jangan lupa untuk mencari kode kupon sebelum menyelesaikan pembelian online. Cara ini cukup sederhana namun bisa berdampak besar.

4. Dapatkan Pekerjaan Sampingan

Untuk menambah tabungan, coba temukan pekerjaan sampingan. Gunakan satu hari dalam sebulan, baik itu Sabtu atau Minggu untuk memanfaatkan peluang menghasilkan uang yang sesuai dengan keterampilan dan minat yang dimiliki.

5. Berhenti Makan di Luar

Pergi makan siang adalah ritual harian bagi banyak orang terutama pekerja kantoran. Meski membawa bekal setiap dari rumah dapat memangkas biaya, hal ini dirasa sulit bagi kebanyakan orang. Coba mulai berkomitmen dengan membawa bekal satu hari dalam seminggu.

Menyisihkan beberapa uang di sana-sini pada awalnya mungkin tidak tampak banyak. Namun, seiring waktu ini akan membuat saldo di rekening tabungan naik lebih tinggi setiap minggunya, dan membuat impian memiliki rumah kedua tampak lebih seperti kenyataan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini