Masih Awal Tahun, Ini 5 Tujuan Mengatur Keuangan

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 11 622 2376056 masih-awal-tahun-ini-5-tujuan-mengatur-keuangan-MvJJN2sqoR.jpg Rupiah (Okezone)

JAKARTA - Dalam menabung sudah pasti, harus menetapkan beberapa tujuan keuangan. Ingin membeli rumah, atau melunasi hutang, atau membuat dana pensiun harus ditentukan di awal tahun.

Tujuan ini akan membantu membuat perubahan dari tahun kemarin, untuk bertahan lama dan seterusnya. Untuk melakukan beberapa perubahan, dibutuhkan kesiapan dan komitmen agar semua bisa dilakukan dengan konsep yang matang.

 Baca juga: 5 Tips Atur Keuangan bagi Pengantin Baru

Dilansir dari thebalance.com, Jumat (12/3/2021), berikut 5 tujuan yang bisa dilakukan:

1. Tetap komitmen pada rencana pengeluaran bulanan

Ini mungkin tampak seperti tujuan yang sederhana. Tetapi dengan menuliskan rencana pengeluaran tiap bulan, Anda akan memahami lebih baik bagaimana keuangan setiap bulan.

 Baca juga: Cara Mudah Sisihkan Gaji untuk Menabung

2. Lunasi hutang

Buat tujuan spesifik tentang berapa banyak hutang, cicilan yang ingin dihapus dari tahun ini. Jika memungkinkan, harus benar-benar mencoba untuk tidak membelanjakan yang lain dan lebih mendahulukan pelunasan hutang.

3. Jangan tambah hutang

Tujuan ini adalah kunci. Satu-satunya pengeluaran yang dapat Anda hentikan adalah hutang. Harus menahan untuk membeli property seperti mobil motor atau apapun jika tidak terlalu diperlukan.

4. Menabung untuk masa pensiun

Jika memiliki pekerjaan penuh, pastinya Anda berkontribusi penuh hingga jumlah gaji yang didapat sesuai dan bisa digunakan untuk menabung uang pensiun. Begini juga menyelamatkan keluarga Anda dari kekurangan uang ketika Anda sudah tidak lagi bekerja.

5. Karier yang lebih baik

Di awal tahun ini, lihat lebih dalam bagaimana diri Anda mengatur keuangan. Agar selama setahun ini bisa fokus untuk menghabiskan uang atau mendatangkan uang lebih banyak lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini