Mansa Musa, Orang Muslim Terkaya Sepanjang Sejarah

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 17 Maret 2021 05:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 455 2378733 mansa-musa-orang-muslim-terkaya-sepanjang-sejarah-oZpjExx49E.jpg Emas (Shutterstock)

JAKARTA - Orang terkaya sepanjang masa dipegang oleh Mansa Musa. Mansa Musa merupakan kaisar Mali pada 1312 dan selama 25 tahun masa pemerintahannya sebagai kaisar, wilayah Afrika Barat, termasuk Timbuktu, Ghana, dan Mali, menjadi makmur tidak seperti sebelumnya.

Kaisar Muslim-Afrika ini, yang namanya Mansa mengacu pada Sultan, memiliki sejumlah emas yang gila-gilaan. Para ahli dan sejarawan berspekulasi bahwa dia memiliki sekitar setengah dari emas dunia, kira-kira USD5 triliun.

Kerajaannya juga tersebar di 2.000 mil wilayah dari Mali, Senegal, Niger hingga Gurun Sahara. Kerajaan itu penuh dengan kekayaan dan kekayaan alam yang membuat Mansa Musa sampai saat ini masih terkenal. Mansa Musa memiliki kekayaan senilai sekitar USD400 miliar dalam bentuk uang modern.

Namun, kekayaan ini sebenarnya pertunjukan dimulai dengan haji atau haji suci yang dilakukan sebagian besar Muslim ke Mekah dan Madinah. Belakangan, dia juga membangun istana dan masjid untuk meninggalkan warisan yang kaya.

Baca Selengkapnya: Kisah Mansa Musa Pemilik Rp5.760 Triliun, Orang Muslim Terkaya Sepanjang Sejarah

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini