Bingung Lunasi Utang, Coba Pakai Cara Ini

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Minggu 21 Maret 2021 22:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 622 2380355 bingung-lunasi-utang-coba-pakai-cara-ini-t8grOQjysj.jpg Utang (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Menumpuknya utang menyebabkan pengelolaan keuangan yang kacau. Hal ini berdampak juga pada kondisi hidup pemilik utang, apalagi jika keadaan keuangannya sedang tidak stabil dan cenderung krisis.

Untuk mengatasi hal tersebut, banyak cara yang bisa dilakukan. Selain strategi pembayaran, salah satunya bisa menggunakan layanan konseling kredit. Layanan ini menawarkan jasa rencana manajemen utang.

Baca Juga: Lunasi Utang Lebih Cepat, Begini 7 Keuntungannya 

Melansir dari The Balance, Minggu (21/3/2021) berikut penjelasan dan kegunaan konseling kredit.

Layanan konseling kredit merupakan manajemen rencana pengelolaan utang yang diatur melalui agen konseling kredit. Agen konseling dapat membantu untuk menetapkan jadwal dan persyaratan pembayaran untuk membantu menangani utang dengan lebih baik.

Dengan menggunakan layanan jasa ini akan mendapatkan pembayaran bulanan tunggal, dan suku bunga yang lebih rendah. Dapat juga membantu membayar utang lebih cepat dan lebih terjangkau. Sehingga bisa bebas hutang dalam tiga sampai lima tahun.

Biasanya jasa ini ditawarkan kepada peminjam yang oleh konselor kredit dianggap tidak dapat membayar kembali pinjaman berdasarkan tinjauan keuangannya. Rencana pengelolaan utang umumnya mencakup utang tanpa jaminan. Seperti utang kartu kredit atau tagihan medis.

Konselor kredit akan membantu menganggarkan pendapatan dan pengeluaran. Layangan yang bisa didapatkan juga berupa nasihat tentang utang, termasuk apakah rencana pengelolaan utang dijamin. Akan membantu lebih cepat bebas utang, disiplin dalam pembayaran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini