Mulai Besok, Bandara Bali Pakai GeNose

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 08 April 2021 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 320 2391658 mulai-besok-bandara-bali-pakai-genose-qRgTLJRkK8.jpg Tes GeNose di Bandara. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Setelah sukses melakukan simulasi penggunaan GeNose C-19 di Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo (YIA) dan Bandara Juanda Surabaya pada 18 Maret dan 25 Maret lalu dan implementasi GeNose C-19 di kedua bandara tersebut mulai 1 April.

PT Angkasa Pura I (Persero) mulai melakukan simulasi penggunaan GeNose C-19 di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Simulasi penggunaan GeNose C-19 di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada hari ini merupakan tahap persiapan yang dilakukan operator bandara sebelum GeNose C-19 resmi diterapkan di Bandara Bali pada Jumat 9 April 2021.

Baca Juga: Terdampak Badai Siklon Tropis Seroja, Bandara El Tari Kupang Kembali Beroperasi

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 26 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dan Transportasi Udara Dalam Masa Pandemi Covid-19, layanan GeNose C-19 merupakan salah satu alat deteksi Covid-19 yang hasilnya dapat digunakan untuk melakukan perjalanan udara.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan pihaknya secara bertahap akan mengimplementasikan layanan GeNose C-19 di 15 bandara kelolaan, di mana sebelumnya perlu dilakukan simulasi di masing-masing bandara untuk memastikan kesiapan dan kelancaran layanan pada saat implementasi.

Baca Juga: Libur Paskah, Bandara Bali Dipadati 62 Ribu Penumpang

"Hari ini, simulasi penggunaan Genose C-19 di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berjalan lancar dan layanan GeNose C-19 siap diimplementasikan secara resmi di Bandara Bali pada Jumat 9 April esok. Kami berupaya memberikan kemudahan layanan tes Covid-19 sebagai salah satu syarat melakukan perjalanan udara bagi calon penumpang pada masa adaptasi kebiasaan baru melalui penambahan layanan GeNose C-19 di bandara, di samping layanan tes Covid-19 lainnya seperti Swab Antigen dan Swab PCR," ujar dia.

Adapun biaya layanan GeNose C-19 di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang secara resmi mulai diimplementasikan pada Jumat 9 April 2021 yaitu sebesar Rp40.000. Lokasi layanan GeNose C-19 ini terletak di area publik terminal keberangkatan Bandara Bali dengan waktu operasional mulai 09.00 - 19.00 WITA.

"Layanan GeNose C-19 di Bandara Bali dilengkapi dengan 8 mesin GeNose C-19 dan pada tahap awal, tiap harinya disedikan 600 kantong udara," ungkap dia.

Sebagai informasi, layanan GeNose C-19 ini tidak menggantikan layana tes Covid-19 lainnya yang ada di bandara seperti Swab Antigen dan PCR. Bagi para calon penumpang yang berencana menggunakan layanan GeNose C-19 diimbau untuk dapat tiba di bandara 3-4 jam sebelum waktu keberangkatan. Dalam menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C-19, Angkasa Pura I bekerja sama dengan salah satu anak perusahaan yaitu Angkasa Pura Supports yang juga bermitra dengan Farmalab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini