8 Fakta Pendaftaran CPNS Sekolah Kedinasan Dibuka, Nomor 5 Wajib Baca

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Sabtu 10 April 2021 04:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 320 2391862 8-fakta-pendaftaran-cpns-sekolah-kedinasan-dibuka-nomor-5-wajib-baca-CmR339zmdZ.jpeg Tes SKD CPNS 2019. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekolah Kedinasan resmi dibuka pada 9 April 2021. Pendaftaran ini akan dibuka sampai 30 April 2021.

Seleksi CPNS Sekolah Kedinasan dilakukan secara online melalui laman sscasn.bkn.go.id dengan memilih menu Dikdin atau melalui dikdin.bkn.go.id. Selengkapnya, Okezone telah merangkum beberapa fakta terkait CPNS Sekolah Kedinasan, Sabtu (10/4/2021).

Baca Juga: Hanya 722.487 Lowongan CPNS dan PPPK Dibuka 2021, Ini Rinciannya

1. Formasi CPNS Sekolah kedinasan ada 8.500, Terbanyak Kemenhub

MenPANRB Tjahjo Kumolo menyatakan formasi CPNS Sekolah Kedinasan sekitar 8.195. Formasi terbesar ada di sekolah kedinasan milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yakni sekitar 3.210. Hal ini mengingat sekolah kedinasan yang ada di bawah asuhan Kemenhub mencapai 21 politeknik.

“Memang terbesar di Kemenhub. Kemudian diikuti IPDN. Setelah IPDN, ada STIS, dan Kemenkumham. Itu juga sudah ditetapkan. Tapi karena belum ditetapkan secara resmi oleh Pak Menteri saya belum berani sampaikan angka resminya,” ujarnya.

2. Ada 8 Instansi yang Buka Lowongan

Adapun, 8 instansi tersebut yaitu Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham); Kementerian Keuangan (Kemenkeu); Kementerian Perhubungan (Kemenhub); Badan Intelijen Negara (BIN); Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN); Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG); dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Baca Juga: Resmi Dibuka, Ini 29 Sekolah Kedinasan yang Bisa Dipilih Pelamar CPNS

3. Pendaftaran Dibuka, BKN: Jangan Terburu-buru

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mengingatkan agar para peserta tidak terburu-buru. Pasalnya jika pendaftaran sudah dituntaskan maka tidak ada lagi kesempatan perbaikan. Kehati-hatian diperlukan untuk mengantisipasi adanya kesalahan mengunggah dokumen dan persyaratan.

Pasalnya, pendaftaran CPNS jalur sekolah kedinasan dibuka dalam rentang waktu yang cukup panjang, yaitu sampai 30 April 2021. Peserta bisa saja mendaftar terlebih dahulu, tapi tidak langsung menuntaskannya.

“Silakan surfing dulu lah untuk memastikan betul. Supaya nanti menjadi tidak salah atau tidak ada yg kurang di dalam persyaratan administrasi. Jangan terlalu nafsu. Kalau terlalu nafsu nanti hasilnya tidak baik karena teman-teman yang rugi,” tutur Suharmen.

4. Ini Dokumen yang Harus Dipersiapkan Calon Pelamar

Calon pelamar dapat mempersiapkan dokumen persyaratan yang diperlukan untuk pendaftaran, seperti pas foto, KTP, Kartu Keluarga, ijazah/ Surat Keterangan Lulus, dan dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang dilamar. Sementara informasi terkait syarat-syarat pendaftaran lainnya dapat dilihat pada website masing-masing instansi/sekolah kedinasan atau SSCASN.

5. Peserta Hanya Bisa Melamar Satu Instansi

Menteri Tjahjo Kumolo mengingatkan bahwa pelamar hanya diperbolehkan mendaftar satu sekolah kedinasan saja.

“Calon pelamar hanya dapat memilih satu sekolah kedinasan,” katanya dalam keterangan persnya, Selasa (6/4/2021).

6. Passing Grade Masih Disesuaikan Karena Penambahan Soal Radikalisme

Suharmen mengatakan batas nilai kelulusan atau passing grade belum ditentukan da. Dia menyebutkan bahwa konten soal yang ditambahkan berkaitan dengan radikalisme membuat adanya perubahan pada besaran passing grade dari tahun-tahun sebelumnya.

“Terutama soal-soal yang terkait radikalisme. Jadi kalau tahun lalu kita tidak bisa menangkap atau tidak ada soal yang terkait radikalisme maka tahun ini akan ditambahkan. Ada sekitar 10 soal terkait dengan radikalisme ini. Jadi ini akan mempengaruhi passing grade-nya,” pungkasnya.

7. Tes dengan Sistem CAT Bebas Penipuan atau Percaloan

Seleksi Sekolah Kedinasan Tahun 2021 akan dilaksanakan dengan Computer Assisted Test (CAT). Dengan sistem CAT, Menteri Tjahjo menjamin proses seleksi sekolah kedinasan akan adil, transparan, dan bebas KKN. Untuk itu, Menteri Tjahjo mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap praktik penipuan/percaloan yang kerap muncul saat penerimaan sekolah kedinasan.

8. Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan di Portal SSCASN

Pendaftaran Sekolah Kedinasan dibuka dari 9 April sampai 30 April 2021. Lalu, verifikasi dokumen pendaftaran akan mulai dilakukan pada tanggal 10 April hingga bulan Mei 2021. Pengumuman kelulusan administrasi juga akan dilakukan pada bulan Mei. Kemudian proses pembayaran PNBP ini dijadwalkan awal bulan Mei.

Berikut langkah-langkah pendaftaran di portal SSCASN

1. Akses portal SSCASN Kedinasan di dikdin.bkn.go.id.

2. Pendaftaran, peserta memasukan NIK dan no KK untuk validasi data dan membuat kata sandi dan pertanyaan pengaman untuk log in akun. Lalu cetak kartu informasi akun.

3. Log In menggunakan NIK dan kata sandi, lengkapi biodata yang tersedia, dan cetak kartu bukti pendaftaran.

4. Lalu peserta input data ke portal resmi Sekolah Kedinasan yang dipilih dan masukan data-data yang diperlukan.

Setelah itu, tunggu Sekolah Kedinasan memverifikasi data peserta. Jika peserta lulus administrasi, peserta bisa membayar PNBP lalu ikut seleksi CAT dan tes lain yang sesuai.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini