Kartu Prakerja Dikritik, Sri Mulyani: Saya Malah Bingung Kok Dikasih Ilmu Enggak Mau

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 320 2399144 kartu-prakerja-dikritik-sri-mulyani-saya-malah-bingung-kok-dikasih-ilmu-enggak-mau-jo5cZDvLCb.jpg Sri Mulyani (Foto: Instagram/@smindrawati)

JAKARTA - Pemerintah terus memberikan kebijakan dalam membantu masyarakat akibat efek pandemi Covid-19. Salah satunya kartu prakerja yang membantu para masyarakat untuk bisa kembali bekerja.

Kendati demikian program kartu prakerja mendapatkan banyak kritik dari berbagai kalangan. Ada yang menyebut jika kartu prakerja seharusnya diberikan dengan skema bantuan sosial saja tanpa pelatihan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, kartu prakerja ini dibuat untuk kebijakan dan instrumen yang tepat dalam membantu masyarakat yang terkena pandemi Covid-19.

"Prakerja seperti disampaikan didesain dalam situasi normal tapi komplemen banyak kebijakan training upskilling reskiling. Ini pelengkap komplementaritas dari berbagai instrumen," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Kamis (22/4/2021).

Dia pun heran dikarenakan banyak masyarakat yang mengkritik dan meminta agar kartu prakerja tidak perlu ada atau dihilangkan. Padahal, bisa saja kartu prakerja diubah menjadi bantuan sosial.

"Kalau ada yang mbok ya jadi bansos saja, bisa saja. Tapi saya malah bingung, wong Kartini 100 tahun lalu saja berjuang untuk mendapatkan ilmu, kok ini dikasih ilmu nggak mau gitu lho. Jadi saya malah bingung," katanya.

Dia menambahkan, keuntungan yang didapatkan dari pada penerima Prakerja ini akan digunakan oleh pengelola untuk memperbaiki program ke depannya. Nantinya program yang bertujuan untuk training, upskilling dan reskilling ini tetap harus dipertahankan.

"Misalnya mereka dapat training, apakah itu sesuai dengan kebutuhan pasar? Itu akan diperbaiki. Lalu ada pelatihan bahasa Inggris itu oke, tapi sektor pariwisata kan belum dibuka jadi nggak bisa dipakai. Ya nggak apa-apa kan ilmu itu nggak hilang asal dipelihara," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini