Alasan Perempuan Makin Melek Investasi

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Rabu 28 April 2021 20:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 622 2402424 alasan-perempuan-makin-melek-investasi-nmWdzI6hgJ.jpg Investasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Partisipasi perempuan di pasar modal semakin bertumbuh setiap tahunnya. Meskipun saat ini pasar modal masih didominasi laki-laki, tetapi komposisi jumlah investor perempuan terus menunjukkan peningkatan.

Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina mengatakan, perempuan melek investasi karena perempuan memegang tanggung jawab utama dalam mengelola kebutuhan rumah tangga.

“Laki-laki itu memang size otaknya lebih besar, tapi perempuan itu punya memori dalam otaknya yang lebih besar dan memori dalam mengolah informasi. Jadi, perempuan itu bisa dibilang inget ya sama kejadian yang sudah lewat-lewat. Ini salah satu advantage-nya dari perempuan,” katanya dalam acara IGICO Advisory & D'ORIGIN Financial & Business Advisory secara virtual, Rabu (28/4/2021).

Baca Juga: Pasar Modal Syariah RI Tumbuh Pesat Dalam 1 Dekade, Ini Buktinya 

Menurutnya, dengan keunikan tersebut perempuan bisa mengolah banyak waktu yang bersamaan. Serta, perempuan juga bisa melihat dalam berbagai angle yang berlainan dan bisa mengambil keputusan yang cepat.

Susy menjelaskan, investasi penting untuk perempuan. Pertama karena perempuan memiliki peranan penting dalam membentuk kebiasaan pengelolaan keuangan kepada generasi selanjutnya. Kedua, pendapatan perempuan cenderung lebih rendah daripada laki-laki. Ketiga, pilihan kerja bagi perempuan itu lebih terbatas.

“Ada budaya yang berkembang selama ini di masyarakat kita, bahwa perempuan dengan stigmanya di beberapa daerah masih terjadi yang namanya kekerasan ya kalau dibilang hanya masalah gender,” jelasnya.

Selain itu, kata Susy, angka literasi dan inklusi keuangan perempuan ini juga lebih rendah. Akan tetapi, perempuan memiliki angka harapan hidup lebih tinggi. Ini yang kemudian menyebabkan perempuan memegang peranan yang penting.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini