Mudik Dilarang, Travel Gelap Bakal Kena Denda hingga Ditahan

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 21:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 320 2403082 mudik-dilarang-travel-gelap-bakal-kena-denda-hingga-ditahan-TferKwDu0n.jpg Mudik (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan bersama pihak Kepolisian sepakat untuk menindak tegas para travel gelap. Menyusul adanya larangan mudik yang diberlakukan oleh pemerintah pada periode 6-17 Mei 2021.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, ada beberapa sanksi yang akan diterapkan kepada operator travel gelap. Pertama adalah berupa denda tilang oleh pihak Kepolisian.

Namun tak hanya sampai di situ, operator juga akan dikenakan sanksi lainya. Supir ataupun operator travel gelap itu akan ditagan di Polda setempat hingga masa sidangnya berlangsung.

“Kesepakatannya selain ditilang juga akan ditahan smapai menunggu hari sidang, jadi kalau sidang satu minggu kemudian, yah 1 minggu ditahan di masing-masing Polda,” ujarnya dalam acara Press Background Kementerian Perhubungan, Kamis (29/4/2021).

Baca Juga: Terungkap Tarif Travel Gelap dari Jakarta ke Surabaya Rp750.000 

Selain sanksi, pihaknya bersama dengan pihak Kepolisian juga akan melakukan patroli cyber. Mengingat aktivitas dan transaksi travel gelap kebanyakan dilakukan lewat online.

“Sudah disepakati Ditlantas Polda yang saat ini sudah bikin patroli cyber, karena transaksi masyarakat dengan operator ini tidak hanya secara fisik tapi juga medsos ke Facebook dan Whatsapp grup,” jelasnya.

Menurut Budi, travel gelap sangat merugikan bagi calon penumpang. Sebab harga yang ditawarkan juga cukup tinggi dibandingkan angkutan umum yang berizin.

Untuk rute Jakarta-Surabaya misalnya, tarif travel gelap ini bisa mencapai Rp750.000 untuk satu penumpang. Angka tersebut cukup tinggi di luar segala kemudahan yang diberikan.

“Terus tarif yang dikenakan itu jauh dibandingkan dengan angkutan umum yang ada izin. Jakarta-Surabaya atau sekitarnya itu kami dengar kemaren itu bisa mencapai Rp750 ribu itu kalau gunakan travel gelap,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini