Anindya Bakrie Dorong UMKM Naik Kelas

Priyo Setyawan, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 07:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 320 2406366 anindya-bakrie-dorong-umkm-naik-kelas-VbEgUA44Ob.jpg Anindya Hadiri Pelantikan Pengurus Kadin DIY. (Foto: Okezone.com)

SLEMAN - Wakil Ketua Umum (Waketum) Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Anindya Bakrie berharap Kadin DIY dapat membantu DIY secepatnya keluar dari pandemi. Harapan ini bukan tanpa alasan, sebab dengan kondisi sekarang menyebabkan banyak pengangguran di DIY.

Untuk itu, Kadin DIY harus kerja kerasm encari terobosan untuk masalah tersebut, sehingga pelaku usahakecil tetap bisa bertahan bahkan bisa naik kelas. Terlebih jumlah UMKM di DIY cukup banyak dan menjadi gudangnya UMKM di Indonesia.

“Kita harus bekerja keras mencari terobosan agar mereka (UMKM) tidak kehilangan pekerjaan,” kata Anin panggilan Anindya Bakrie usai pelantikan pengurus Kadin DIY peruode 2020-2025 di plataran konplek Candi Prambanan, Sleman, Rabu (5/5/2021).

Baca Juga: Anindya Bakrie Pererat Kadin Pusat dan Daerah untuk Ekonomi RI yang Berkeadilan

Anin menjelaskan, Kadin sendiri selama ini fokus melakukan terobosan-terobosan melalui program pemulihan ekonomi nasional (PEN) dan fokusnya pada UMKM, terutama UMKM di daerah-daerah yang memang membutuhkan. Kadin pun bertekad ke depannya semakin membumi, melibatkan UMKM dan pengusaha muda.

“Itulah yang ingin kami kembangkan ke depan,” paparnya.

Dia mengaku, ingin membawa Kadin maju bersama. Sebab dengan maju bersama akan bisa semakin kuat dan ada unsur keadilan di sana. Sehingga tidak hanya dinikmati segelintir orang dan di ibukota.

Sehingga mereka tidak hanya menjadi UMKM terus tetapi bisa naik kelas, yaitu bisa menjadi menengah, menengah menjadi besar dan pada akhirnya merambah regional.

“Hal-hal inilah yang kita diskusikan,” ungkapnya.

Baca Juga: Tantangan di Masa Covid-19, Kadin Harus Bisa Beradaptasi hingga Berinovasi

Ini juga sejalan dengan program Kadin DIY dan sedikit banyak sejalan dengan program pemulihan ekonomi dari pemerintah termasuk UU Cipta Kerja dan turunannya guna memastikan bahwa industri kreatif, UMKM dam investasi berbasis kemitraan dengan daerah bisa jalan.

“Untuk itu terima kasih kepada Kadin DIY yang memberi ruang dan menjadi bagian dari roadshow, silaturahmi serta spesial karena hari ini adalah acara Pelantikan Kadin DIY,” tandasnya

Ketua Kadin DIY GKR Pembayun mengatakan, memang memberi ruang kepada Anin untuk berkenalan dengan kadin DIY tentang apa visi dan misinya serta yang diinginkan. Namun Kadin DIY belum menentukan arah. Tetapi secara pribadi dirinya sudah kenal lama dengan Anin.

“Mas Anin ini orang yang baik, 15 tahun sudah mengabdi sebagai waka organisasi Kadin, kalau belajar sudah cukup matang termasuk menghadapi masalah yang ada di Kadin,” katanya.

GKR Pembayun sendiri berharap jika nanti Anin terpilih sebagai ketua Kadin baru, Kadin-Kadin daerah bisa diperhatikan. Sebab perusahan-perusahaan ada di daerah. Jadi pendampingan masih sangat dibutuhkan di daerah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini