Ditanya soal Calon Ketum Kadin, Sandiaga Uno: Pemerintah Netral

Ferdi Rantung, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 320 2412297 ditanya-soal-calon-ketum-kadin-sandiaga-uno-pemerintah-netral-GMn64gIi7d.jpg Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Ferdi Rantung)

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyebut bahwa pemerintah bersikap netral dalam kontestasi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) periode 2021-2026.

Pernyataan itu diungkapkan dalam silaturahmi dan diskusi dengan perwakilan Kadin dan asosiasi sektor Pariwisata di Kantor Kemenparekraf, Rabu (19/5/2021).

Dia mengatakan siapa pun yang terpilih bisa meningkatkan kerja sama dan kolaborasi dengan Pemerintah. Sebab, ini menurutnya telah diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor 1 Tahun 1987.

"Jadi saya tadi berikan pandangan kepada pak Rosan Roeslani bahwa pemerintah akan netral karena undang-undangnya jelas. Siapapun yang ada di kadin kita akan sambut karena kadin itu adalah mitra pemerintah." ujar Sandi.

Baca Juga: Anindya Bakrie Pererat Kadin Pusat dan Daerah untuk Ekonomi RI yang Berkeadilan

Dia juga menjelaskan, Kadin itu didirikan berdasarkan undang-undang nomor 1 tahun 1987 sebagai mitra kerja Pemerintah untuk menggerakkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja. Oleh karena itu, kerja sama yang baik harus dipertahankan.

"Sebagai mitra kami harap munas (Musyawarah Nasional) yang diselenggarakan di Bali bisa mampu meningkatkan kinerja kolaborasi kita bersama," tegas Sandi.

Khusus di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Sandi berharap, kemitraan ini akan mampu menghadirkan kebijakan yang berpihak kepada masyarakat yang sangat tertekan.

Berdasarkan data dimiliki Kemenparekraf, ada 34 juta lebih jiwa yang kehilangan mata pencaharian kemudian 48,9 persen pelaku usaha menutup usahanya dan UMKM 70 persen kehilangan pendapatan.

"Ajang pemilihan ketua ini jangan cuma ajang pemilihan saja, tapi menyiapkan program yang betul betul membutuhkan dalam menghadapi pandemi. Munas ini jangan terlalu memecah belah kita. Yang jadi musuh bersama kita saat ini ada pandemi covid-19," tandasnya.

Baca Juga: Anindya Bakrie Minta Dukungan Jadi Calon Ketua Umum Kadin

Seperti diketahui, dalam busa calon ketua umum kadin ini hanya ada dua calon. Pertama, Anindya Bakrie yang akrab dipanggil Anin. Kedua Arsjad Rasjid Direktur utama dari Indika Energy TBk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini