Wapres Ingatkan Pentingnya Data Terpadu UMKM

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 320 2412510 wapres-ingatkan-pentingnya-data-terpadu-umkm-KowAbuuJWX.png Wapres Maruf Amin (Foto: Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta agar penyediaan data terpadu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bisa lebih dimutakhirkan secara cepat. Langkah ini juga sebagai langkah pemerintah dalam mendorong pelaku UMKM untuk tumbuh.

Baca Juga: Wapres Ingatkan Sri Mulyani soal Dana Alokasi Khusus

Menurut Ma’ruf, penggunaan metodologi yang terbaik dalam penyediaan data terpadu UMKM sangat penting. Mengingat, banyak anggota rumah tangga miskin yang berkecimpung di sektor UMKM.

“Pentingnya Data Terpadu UMKM mengingat banyaknya anggota rumah tangga miskin dan rentan yang bekerja untuk UMKM ataupun sebagai pemilik UMKM,” ujarnya dalam acara halal bihalal virtual, Rabu (19/5/2021).

Baca Juga: Kembangkan Wisata Halal, Wapres Contoh China dan Korsel

Menurut Ma’ruf, penyediaan data terpadu UMKM juga sebagai salah satu langkah untuk mengentaskan kemiskinan. Di mana, pemerintah melalui instruksi Presiden Joko Widodo untuk bisa mengentaskan angka kemiskinan ekstrim di sisi pemerintahan ini.

“Di bidang pengentasan kemiskinan. Sesuai arahan Presiden kita harus dapat menurunkan kemiskinan ekstrim sejalan dengan tujuan SDGs,” ucapnya.

Selain itu, pemerintah juga sebenarnya sudah menyiapkan langkah lain untuk mengentaskan kemiskinan ekstrim. Salah satunya dengan melakukan reformasi pada program perlindungan sosial.

“Untuk itu, reformasi perlindungan sosial agar mencakup seluruh lapisan masyarakat dan reformasi pemberdayaan rumah tangga dalam rangka meningkatkan produktivitas juga harus tuntas dilaksanakan,” kata Wapres.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini