Menko Luhut Optimistis 30 Juta UMKM Go Digital pada 2030

Ferdi Rantung, Jurnalis · Kamis 20 Mei 2021 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 20 320 2412886 menko-luhut-optimistis-30-juta-umkm-go-digital-pada-2030-48qWnzrAHu.jpg Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, menyebut pihaknya optimis target 30 juta UMKM go digital akan tercapai pada 2023. Hal itu didasari oleh capaian yang signifikan dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dalam satu tahun ini.

"Jadi saya optimis target 30 juta UMKM on barding digital pada 2023 bisa tercapai. Dengan kerja sama semua bahu membahu dan terintegrasi, tak ada alasan kita tidak bisa mencapai target itu," kata Luhut dalam Acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia #FestivalJoglosemar: Artisan of Java, Kamis (20/5/2021).

Baca Juga: Percepat Pemulihan Pariwisata dan Ekonomi, Luhut Gencarkan Work From Bali

Dia menyampaikan, sejak diluncurkan pada 14 Mei tahun lalu, Gernas BBI telah mencapai 6 juta unit UMKM yang on boarding ke ekosistem digital. Untuk itu, Ia meminta semua pihak untuk mendorong artisan lokal untuk naik kelas masuk ke ekosistem digital.

"Dengan masuknya UMKM ke digital ini merubah keadaan ekonomi kita. membuat struktur backbone ekonomi kita menguat karena peranan UMKM memainkan peran yang sangat penting," jelasnya

Dia juga menambahkan, bahwa Gernas BBI jangan hanya jadi slogan saja tapi harus dilakukan agar dapat meningkatkan penjual UMKM. Selain itu, Ia menemukan ada banyak inovasi di bidang industri manufaktur seperti turbin listrik, tempat duduk mobil untuk disabilitas, ICU ventilator, Genose dan lainnya belum masuk dalam ekosistem ekonomi digital.

Baca Juga: Banyak Produk Impor, Luhut: LKPP Harus Lebih Terbuka

"Untuk itu kita harus dorong dan membatu karena, buatan anak bangsa ini masih banyak yang belum masuk ke e-katalog," tandasnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini