Sri Mulyani Beberkan Ancaman Baru bagi Ekonomi Indonesia, Apa Itu?

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 20 Mei 2021 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 20 320 2412912 sri-mulyani-beberkan-ancaman-baru-bagi-ekonomi-indonesia-apa-itu-FUqy5hjwJ4.jpg Sri Mulyani (Foto: Setkab)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani membeberkan ancaman baru bagi ekonomi Indonesia di tengah pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Ancaman ini berasal dari Amerika Serikat (AS) yang bisa memberikan efek ke Indonesia.

Sri Mulyani menjelaskan, proyeksi kenaikan inflasi yang meningkat di Amerika Serikat berpotensi mengancam momentum pemulihan ekonomi apabila diikuti dengan pengetatan kebijakan moneter oleh The Fed.

Baca Juga: Sri Mulyani Bidik Pertumbuhan Ekonomi 5,8% Tahun Depan 

"Ini dapat menciptakan efek rambatan (spillover), volatilitas dan ketidakpastian di sektor keuangan, serta dinamika arus modal global seperti saat terjadinya taper tantrum," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Kamis (20/5/2021).

Selain itu, hal ini dapat dilihat dari pasar keuangan global cenderung stabil, yang terlihat dari turunnya indeks volatilitas di pasar saham dan pasar obligasi global.

Namun demikian, pemulihan ekonomi masih didukung dengan program vaksinasi."Indonesia termasuk negara yang cepat dalam memastikan supply vaksin yang memadai untuk mencapai target herd immunity. Hingga pertengahan Mei, lebih dari 22 juta dosis vaksin telah diberikan pada masyarakat Indonesia," katanya.

Selain itu, pemerintah melakukan langkah pengendalian Covid-19 skala mikro dengan memobilisasi seluruh elemen pemerintahan hingga ke tingkat desa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini