Awalnya Cuma Reseller, Kini Bisnis Wanita Ini Kantongi Miliaran Rupiah

Hafid Fuad, Jurnalis · Selasa 01 Juni 2021 19:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 455 2418471 awalnya-cuma-reseller-kini-bisnis-wanita-ini-kantongi-miliaran-rupiah-wFyFHbgGSM.jpg Uang Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Memulai bisnis kini tidak harus dengan modal besar. Sudah tidak ada lagi halangan bagi yang ingin menjadi enterpreneur sejak usia dini. Karena semua bisa juga dengan mengawali dari langkah kecil dan membangun mimpi besar sebagai reseller.

Hal ini yang dibuktikan Pratisia Kurniawati, pengusaha asal Gempol Jawa Timur. Walaupun usianya belum menyentuh 30 tahun tapi pemasukannya dari penjualan tas dan dompet wanita nilainya mencapai miliaran Rupiah per bulan.

Baca Juga: Limbah Sisik Ikan Disulap Jadi Cuan

Sebelum memiliki omzet seperti saat ini, dia memulai bisnis dengan menjadi reseller. Langkah awalnya sangat sederhana, yaitu dengan mengambil produk dari produsen. Kemudian menjualnya di pasar sebagai pedagang kaki lima

Dia melakukannya setiap hari, bahkan hingga jam 9 malam dia kerap masih berada di pasar untuk menjajakan barang dagangannya.

Baca Juga: Mengintip Suburnya Lahan Pertanian di Samping Proyek Jakarta International Stadium, Petani Raup Rp3 Juta

Kemudian suatu saat, Pratisia mencoba merekrut seorang penjahit, demi mencoba produksi tas Gempol miliknya. Dia juga memproduksi beberapa souvenir untuk brand kecantikan.

Setelah dijalani dengan ketekunan dan kerja keras, tak terasa akhirnya dia mempunyai banyak pegawai. Selain itu juga sekaligus dapatmembantu masyarakat sekitar dengan membuka lapangan pekerjaan, bekerja sama dalam tim Grosir Tas Gempol.

Berbagai inovasi terus dilakukan Nia untuk tetap bertahan dalam bisnis fashion. Di tengah pandemi Covid-19 ini, dia tidak menyerah berkreasi. Dia pun berkolaborasi dengan beberapa brand kosmetik di kota Malang.

Produksi tas yang dibuatnya kemudian dijadikan pernak-pernik yang khusus diberikan kepada pelanggan beberapa brand kosmetik tersebut. Hubungan saling membantu tersebut dilakukan untuk meningkatkan pendapatan saat pandemi seperti sekarang.

"Dan saat ini kami membuka lowongan kerja untuk membantu masyarakat selama pandemi Covid-19," tambahnya.

Sebagai pengusaha yang cukup sukses hanya dalam waktu lima tahun saja, Nia berpesan kepada para pengusaha dan calon pengusaha untuk selalu berjuang. Karena baginya, kerja keras pasti akan memberikan dampak positif yang luar biasa.

Kini jelang usia 30 tahun, masih ada beberapa target yang Pratisia ingin capai, salah satunya adalah memasuki industri produk fashion, kuliner dan kosmetik. Selain itu juga Pratisia berencana untuk membuka cabang untuk penjualan tas gempolnya.

"Semoga saya bisa memberikan lapangan pekerjaan seluas-luasnya bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan, terlebih di masa pandemi ini untuk membantu meringankan beban mereka," ucapnya.

Dia memberikan tips bagi kaum milenial, menurutnya jika ingin sukses maka harus berani mengambil risiko keluar dari zona nyama untuk memperoleh peningkatan hidup yang lebih baik.

"Kemudian sosok seorang pengusaha itu dia harus kuat mental, dan juga harus mempersiapkan berbagai banyak strategi untuk usahanya, agar berjalan untuk waktu yang panjang," ujarnya.

Pratisia membagikan rahasianya, pertama harus fokus terhadap bisnis yang dijalankan, kedua harus tetap konsentrasi untuk kualitas produk terlebih untuk jangka panjang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini