Fakta Pendaftaran CPNS dan PPPK Segera Dibuka, Begini Penjelasan BKN

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Sabtu 12 Juni 2021 06:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 320 2423580 fakta-pendaftaran-cpns-dan-pppk-segera-dibuka-begini-penjelasan-bkn-SohgRpBujn.jpg CPNS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) hingga saat ini masih belum mengumumkan secara resmi kapan pendaftaran calon pegawai aparatur sipil negara (ASN) 2021 dibuka.

Berikut fakta penjelasan BKN soal pendaftaran CPNS dan PPPK segera dibuka yang telah dirangkum Okezone, Sabtu (12/6/2021):

1. Belum Ada Informasi

Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas BKN, Paryono mengatakan BKN belum akan mengumumkan secara resmi, kapan pembukaan penerimaan ASN 2021. Dia mengaku belum mendapatkan informasi mengenai tanggal pembukaan pendaftaran CPNS dan PPPK non Guru.

"Belum ada informasi. Jadi belum bisa memastikan kapan tanggal dan bulannya," ujar Paryono saat dihubungi Okezone di Jakarta (7/6/2021).

2. Pendaftaran Ditunda

Salah satu penyebab pendaftaran CPNS 2021 ditunda telah disampaikan oleh BKN melalui akun Instagram resmi @bkngoidofficial, pada Jumat (28/5/2021) lalu.

Baca Juga: Pakai Deteksi Wajah, Peserta Tes CPNS 2021 Tak Bisa Pakai Joki

"#SobatBKN, banyak sekali yang bertanya kepada mimin (admin) apakah pada 31 Mei 2021 akan ada pembukaan rekrutmen #CPNS2021 & #PPPK2021? Mimin tegaskan pada tanggal itu rekrutmen belum dibuka," tulis akun dalam @bkngoidofficial.

3. Belum Ditetapkan Pemerintah

Berdasarkan Edaran Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 4761/B-Kp.03/SD/K/2021, BKN mengungkapkan alasan pendaftaran CPNS dan PPPK belum dibuka hingga saat ini.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana dalam surat edaran mengatakan ada beberapa aturan pengadaan CPNS, PPPK non-Guru, dan PPPK Guru 2021 yang belum ditetapkan oleh pemerintah.

Baca Juga: Perkuat Mental PNS Indonesia, Bakal Ada Fasilitas Konseling

Selain itu, terdapat beberapa instansi yang masih melakukan usulan serta revisi penetapan formasi CPNS dan PPPK. Selain menyinggung soal adanya revisi, Bima juga membahas soal titik lokasi seleksi.

4. BKN minta Insatnsi Daerah Lakukan Seleksi

Tak hanya itu, Bima juga minta agar instansi daerah melaksanakan proses seleksi di titik lokasi seleksi mandiri di daerahnya masing-masing atau cost sharing dengan wilayah sekitarnya.

Kepala BKN Pusat mengatakan, kepada para calon pendaftar CPNS dan PPPK agar tetap mempersiapkan data diri serta seluruh berkas lainnya."Ini kesempatan calon peserta pendaftar CPNS dan PPPK untuk kembali melengkapi dokumen-dokumennya," ujar Bima.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini