PPKM Darurat Diperpanjang, Sri Mulyani: Pemulihan Ekonomi Tertahan

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Rabu 14 Juli 2021 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 320 2440354 ppkm-darurat-diperpanjang-sri-mulyani-pemulihan-ekonomi-tertahan-LeDrnq6nb1.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah telah menyiapkan sejumlah antisipasi untuk menekan laju mobilitas dan penyebaran virus Covid-19 pasca Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sejak 3 Juli 2021. Bahkan pemerintah menyiapkan skenario perpanjangan PPKM Darurat.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pemerintah telah menyiapkan sejumlah wacana perpanjangan dari masa PPKM hingga 6 Minggu dan beberapa dampak PPKM terhadap sektor perekonomian.

"PPKM darurat selama 4-6 Minggu dijalankan untuk menahan penyebaran kasus Covid-19. Mobilitas masyarakat diharapkan menurun signifikan,” kata Sri Mulyani melalui konferensi pers, Rabu (14/07/2021).

Baca Juga: Sri Mulyani Doakan 2.474 Pegawai Ditjen Pajak Sembuh dari Covid-19

Dia menjelaskan, dengan skenario tersebut maka implikasi pada sektor ekonomi khususnya pada tingkat konsumsi masyarakat akan melambat. "Selanjutnya, Pemulihan ekonomi akan tertahan, pertumbuhan ekonomi kuartal III diprediksi melambat ke 4,0% - 5,4% year on year dan kuartal IV melambat 4,6%-5,9%," ujarnya

Baca Juga: DJP Kehilangan 51 Pegawai karena Covid-19, Sri Mulyani Bersedih

Kemudian ia memaparkan belanja APBN diperkuat untuk merespons dampak negatif dari peningkatan kasus Covid-19 terhadap perekonomian.

.

"Pemerintah harus mengoptimalkan belanja agar ekonomi tidak kembali melemah seperti tahun sebelumnya. Di samping tetap mendorong pertumbuhan ekspor dan investasi. Apabila tidak ada tekanan lagi, maka ekonomi sampai akhir tahun diproyeksikan di level 3,7%-4,5%," paparnya.

Meskipun demikian Sri mengatakan pemerintah dan juga masyarakat harus mendukung akselerasi vaksinasi, efektivitas PPKM darurat dan kesiapan fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini