Industri Jalan Terus meski Ada Buruh yang Positif Covid-19

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 17 Juli 2021 04:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 16 320 2441846 industri-jalan-terus-meski-ada-buruh-yang-positif-covid-19-FqKPJpsRJ5.jpg Industri Tetap Jalan meski Buruh Positif Covid-19 (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kebijakan PPKM darurat guna mencegah penularan Covid-19 belum berjalan efektif bagi buruh di pabrik.

Menurut Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, saat ini banyak buruh yang tertular Covid-19 10% namun produksi tetap jalan meski tidak maksimal.

"Yang telah berjalan di lapangan ditemukan oleh kami, tingkat penyebaran buruh 10% lebih ada beberapa perusahaan. Misalnya sektor otomotif melakukan tracing bagi 1.500-2.000 karyawan ada 400 karyawan yang reaktif tapi sisanya yang negatif masih harus tetap produsi di Pabrik," kata Said Iqbal saat dihubungi MNC Portal Indonesia.

Baca Juga: Jam Kerja Buruh Bakal Diatur Selama PPKM Darurat, Ini Bocorannya 

Dia juga memaparkan dalam suatu pabrik manufaktur tidak mungkin karyawan bisa menjaga jarak dan menerapkan work from home (WFH).

"Intinya jika ditutup maka sangat menghawatirkan dan akan rugi besar dan berdampak kepada bangkrutnya perusahaan. Meski Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sudah gembar gembor tapi kan Menteri Perindustrian memberikan izin," paparnya.

Baca Selengkapnya: Mengejutkan! Buruh Banyak yang Positif Covid-19 tapi Produksi Tetap Berjalan

(dni)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini