Percepatan Vaksinasi Sektor Perdagangan, Ekonomi RI Cepat Pulih

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Minggu 01 Agustus 2021 22:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 01 320 2449271 percepatan-vaksinasi-sektor-perdagangan-ekonomi-ri-cepat-pulih-Wvxjyf7Dtf.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mendukung penuh Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) dalam pencapaian target vaksinasi nasional.

Pasalnya, belakangan ini beredar kabar bahwa pengusaha mal tengah meminta pemerintah untuk segera mengizinkan pusat perbelanjaan dapat beroperasi kembali supaya para peritel dan UMKM dapat menjajakan produk jualannya.

Menurut Wamendag program ini adalah wujud keikutsertaan stakeholder dalam mencapai herd immunity yang berguna untuk memulihkan ekonomi masyarakat.

"Ini adalah peran konkret para pengusaha yang menurut saya penting karena akan mendukung pencapaian herd immunity khususnya di sektor perdagangan dan UMKM," kata Jerry dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal Indonesia, dikutip Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: 21,2 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba di RI, Menko Airlangga: Warga Tidak Perlu Ragu dan Khawatir

Menurut ketua Hippindo Budiharjo Eduansyah, ini merupakan kepedulian para pelaku usaha yang tergabung dalam Hippindo terhadap kesehatan publik yang terdampak Covid-19.

"Dengan percepatan vaksinasi masyarakat diharapkan perdagangan bergairah kembali sehingga semua pihak bisa kembali pulih ekonominya. Begitu juga dengan teman-teman UMKM bisa kembali berproduksi dan tumbuh," ujar Budi.

Wamendag sendiri menilai vaksinasi yang diadakan oleh Hippindo ini menunjukkan sinergi Pemerintah, stakeholders dan masyarakat dalam bahu membahu mengatasi Covid-19.

Baca Juga: Bio Farma Telah Produksi 90,1 Juta Dosis Vaksin Covid-19

"Sebenarnya bukan masyarakat umum saja yang ingin segera bisa beraktifitas seperti biasa. Pengusaha juga karena selama ini mereka juga berada di situasi yang tidak mudah karena pandemi. Karena itu mereka bersama pemerintah dan masyarakat punya kepentingan Yang sama agat kehidupan kembali normal," ucap Wamendag.

Menurutnya, para pelaku usaha siap memberi masukan agar kebijakan pemerintah makin bagus dampaknya di masyarakat.

"Para pelaku usaha melihat ada trend bagus dari pemberlakuan PPKM Darurat beberapa minggu ini, khususnya di Jabodetabek. Mereka berharap ada kebijakan-kebijakan yang berdampak serupa bagusnya untuk Daerah lain. Jadi perdagangan di Daerah juga bisa segera pulih,” imbuh Jerry.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini