Produk Kerajinan Daerah Dipamerkan di Rumah Kriya Asri 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 09 Agustus 2021 09:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 455 2452878 produk-kerajinan-daerah-dipamerkan-di-rumah-kriya-asri-5-destinasi-pariwisata-super-prioritas-XqwROUPbaV.jpg Produk kerajinan daerah akan dipamerkan di Rumah Kriya Asri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Perajin produk kerajinan di Indonesia mengalami kesulitan akibat dampak dari pandemi Covid-19. “Bagaimana mau memproduksi, sementara saat ini kami sulit untuk memasarkan produknya,” hal itu yang selalu dikeluhkan para perajin di daerah yang hampir tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia.

Menanggapi kesulitan yang dialami sebagian besar perajin di Indonesia, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) membantu pemasaran produk kerajinan hasil karya perajin daerah. Produk kerajinan daerah akan dipajang pada Pameran Online Rumah Kriya Asri (RKA) 5 - Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), yaitu: Mandalika, Borobudur, Labuan Bajo, Danau Toba dan Likupang.

Baca Juga: Bos BUMN Diminta Beli Produk UMKM

Ketua Umum Dekranas Wury Ma'ruf Amin sangat mendukung kegiatan ini, seperti yang disampaikannya bahwa Pameran RKA Dekranas - 5 DPSP ini dilaksanakan untuk memfasilitasi pemasaran produk kerajinan karya perajin daerah yang terdampak pandemi Covid-19, agar dapat beraktifitas kembali.

“Oleh karenanya saya sangat mendukung kegiatan ini,” jelasnya, Senin (9/8/2021).

Baca Juga: Erick Thohir Ajak Bos-Bos BUMN Pakai Produk UMKM

Menurut Ketua Harian Dekranas, Tri Tito Karnavian, pameran ini akan diselenggarakan dari bulan Agustus sampai bulan Desember 2021. “Semula pameran ini akan diselenggarakan secara offline, namun karena kondisi pandemi yang masih belum kondusif, maka kami putuskan untuk menyelenggarakannya secara online bekerja sama dengan Tokopedia dan Ladara,” tambah Tri Tito Karnavian.

Sementara itu Wakil Ketua Harian III Dekranas, Yanti Isfandiary Airlangga mengatakan Pameran Online RKA Dekranas - 5 DPSP dengan IKON Provinsi Nusa Tenggara Barat, akan dimulai dengan Pameran Mandalika yang akan dilaksanakan dari tanggal 9 – 28 Agustus 2021; dilanjutkan Pameran Borobudur pada tanggal 6 – 25 September 2021; Pameran Labuan Bajo tanggal 4 – 23 Oktober 2021; Pameran Danau Toba tanggal 1 – 20 November 2021; dan Pameran Likupang tanggal 29 November – 18 Desember 2021.

Dalam kesempatan yang sama, Liza Thohir sebagai Ketua Pameran Online RKA Dekranas - 5 DPSP menyampaikan bahwa Pameran DPSP Mandalika akan diikuti oleh perajin binaan Dekranasda Provinsi NTB, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur dan Yayasan Batik Indonesia (YBI), Sarinah, serta hasil program pelatihan Dekranas dan Kementerian Perhubungan yang melibatkan perajin DPSP Mandalika.

Produk kerajinan yang digelar merupakan hasil kurasi dari para kurator Dekranas, telah terpilih 54 peserta dengan jenis produk sebanyak 1.087 jenis dan jumlah total produk sebesar 1.955 produk kerajinan dari seluruh peserta Pameran Mandalika. Liza Thohir menambahkan dengan mengikuti Pameran Online yang bekerja sama dengan Tokopedia dan Ladara ini, para perajin daerah dapat melakukan pembelajaran serta tes pasar/uji coba pasar dari produk kerajinan mereka.

Selama pameran ini juga akan dilakukan pelatihan-pelatihan oleh pihak marketplace yaitu Tokopedia dan Ladara, serta Dekranas bekerja sama dengan Kementerian/Lembaga terkait. Apabila hasil penjualannya baik, maka pihak Tokopedia dan Ladara akan langsung menghubungi peserta/perajin dimaksud untuk dapat memasarkan produknya melalui Tokopedia atau Ladara, dan akan dilakukan pelatihan agar dapat memenuhi persyaratan untuk berjualan melalui marketplace dimaksud.

Pameran Online ini diharapkan dapat berjalan lancar dan sukses, serta membantu menggerakkan kembali aktifitas para perajin Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini