Share

Kasus Covid-19 Turun, Sri Mulyani: RI Sudah Keluar dari Gelombang Kedua

Rina Anggraeni, Sindonews · Rabu 25 Agustus 2021 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 320 2461056 kasus-covid-19-turun-sri-mulyani-ri-sudah-keluar-dari-gelombang-kedua-FMgRe8giVE.jpeg Kasus Covid-19 Turun (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebut Indonesia sudah melewati puncak gelombang kedua Covid-19. Sejak Juni, Juli dan Agustus terlihat kasus harian rata-rata di atas 50 ribu.

"Kita sudah melewati kasus Covid-19 pada gelombang kedua," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Rabu (25/8/2021).

Kata dia, penularan virus Covid-19 bisa ditekan meski varian delta telah membuat sejumlah negara mengalami ledakan gelombang lanjutan.

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Keuangan Syariah Bisa Hindari RI dari Krisis

"Negara lain, AS juga masih negara terbesar. Disusul Brasil dan India, Rusia. Indonesia tidak terlihat hampir flat. Ini menggambarkan ketika dunia alami ledakan Covid-19 kita bisa terus menjaga,"katanya.

Menurutnya Indonesia memang juga mengalami lonjakan meski tak setinggi negara lain. Adapun lonjakan penularan di Indonesia utamanya dikarenakan kerumunan yang marak terjadi tiap kali menghadapi libur panjang.

Baca Juga: Utang Rp6.554 Triliun, Sri Mulyani Yakin Bisa Bayar! Begini Caranya

"Indonesia sempat naik seperti habis lebaran, liburan nataru lalu dan kemudian hari raya idul fitri ketika varian delta masuk. Varian delta belum selesai dan di beberapa negara baru mulai. Episentrumnya ada di AS saat ini," jelasnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Dia menambahkan upaya yang dilakukan Presiden Joko Widodo bersama para Menteri Koordinator, TNI/Polr, dan pemda menunjukkan hasil kasus harian turun pada 24 agustus, dibandingkan 24 juli yang memuncak di angka 574.135. Jika, kasus Covid-19 bisa dikendalikan maka ekonomi bisa pulih cepat

"Aktivitas PPKM menjadi kunci untuk memulihkan ekonomi. Semakin kita cepat mengendalikan Covid-19 maka ekonomi akan pulih," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini