Share

Banyak Perusahaan Ingin Rights Issue, Apa Untungnya?

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 08 September 2021 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 278 2467552 banyak-perusahaan-ingin-rights-issue-apa-untungnya-7PGEd6qArB.jpg Banyak Perusahaan Rights Issue. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Banyak perusahaan yang berencana Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue dan penerbitan obligasi. Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat ada 44 perusahaan yang akan rights issue.

"Adapun perusahaan yang bermaksud melakukan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau right issue, yang sudah ada di pipeline Bursa berjumlah 44 perusahaan dengan total dana right issue yang direncanakan sebesar Rp116,57 triliun," ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna.

Sementara itu, sampai dengan 3 September 2021, terdapat 30 perusahaan yang berada pada pipeline saham Bursa dengan total dana yang direncanakan untuk dihimpun sebesar Rp9,6 triliun.

Sedangkan untuk obligasi dan sukuk, saat ini sudah 26 emisi yang berada di pipeline Bursa dan akan diterbitkan oleh 17 perusahaan. Total emisi obligasi maupun sukuk yang direncanakan oleh perusahaan-perusahaan tersebut sebesar Rp24,84 triliun.

Menurutnya, opsi pendanaan tergantung preferensi masing-masing perusahaan, yang tentunya akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Sebagai contoh misalnya perusahaan yang sudah berulang kali mencatatkan obligasi maupun sukuk, akan lebih dikenal publik dan kondisi ini menjadi nilai tambah bagi perusahaan apabila akan melakukan pendanaan selanjutnya.

Baca Selengkapnya: Wih, 44 Emiten Bakal Rights Issue Incar Rp116,5 Triliun

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini