Share

Gratis Daftarnya dan Mudah, Hadiah 100 Juta Menanti buat Kamu yang Punya Ide Bisnis Keren

Yaomi Suhayatmi, Jurnalis · Senin 27 September 2021 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 11 2477482 gratis-daftarnya-dan-mudah-hadiah-100-juta-menanti-buat-kamu-yang-punya-ide-bisnis-keren-1PxqNyEIIv.jpg Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha, Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas menjelaskan mengenai berbagai inovasi yang diterapkan dalam WMM 2021, salah satu diantaranya penetapan baru Kategori Business Plan (Foto: Dok MPI)

Jakarta – Sejak pertama kali digelar, Wirausaha Muda Mandiri (WMM) selalu menjadi ajang yang ditungg-tunggu. Tahun ini WMM ke-15 hadir mencari wirausahawan muda terbaik. Menariknya, berbeda dengan WMM tahun sebelumnya, ajang kompetisi bergengsi di bidang enterpreneurship ini membuka kesempatan kepada anak-anak muda yang baru akan merintis bisnis. Hal ini disampaikan Rohan Hafas, Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri dalam acara Kick Off Wirausaha Muda Mandiri yang digelar secara virtual langsung dari Plaza Mandiri, Jakarta (13/9/2021).

“Kami mengubah konsep WMM tahun ini dengan konsep baru dalam penetapan kategori kompetisi, yaitu kategori Business Existing dan Business Plan. Kedua kategori ini sifatnya tantangan challenge. Jadi, buat anak-anak muda yang hanya punya ide bisnis pun bisa ikut. Mereka akan diberi challenge (tantangan), ” tuturnya.

 BACA JUGA : Syarat Ikut Kompetisi Wirausaha Muda Mandiri 2021

Berbagai inovasi dilakukan di WMM 2021 demi membuka kesempatan lebih luas lagi kepada generasi muda Tanah Air, di antaranya penetapan kategori baru. WMM tahun ini terdapat dua kategori: Business Existing dan Business Plan. Sehingga, kesempatan ini tidak hanya terbuka untuk anak muda yang sudah memiliki usaha tetapi juga bagi yang baru punya ide bisnis atau merancang model usaha juga dapat mendaftarkan diri secara gratis.

“Sebagai pengembangan format WMM, kami pun menambahkan kategori Business Plan untuk menyasar calon wirausaha potensial yang mungkin belum punya bisnis secara rill, namun baru memiliki ide yang applicable. Konsep ini yang kami ingin optimalkan untuk mendapatkan intan yang belum terasah,” tutur Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha.

Kini dengan ditetapkannya kategori Business Plan Competition tentu menjadi kabar baik bagi generasi muda Indonesia untuk mengikuti ajang kompetensi bergengsi yang diinisasi Bank Mandiri ini. Hadiah yang ditawarkan pun sangat fantastis yakni uang tunai sejumlah Rp100 juta bagi pemenang yang dapat mempresentasikan dan meyakinkan para juri tentang ide bisnis yang telah disiapkan. “Segera siapkan proposal bagi anak anak muda, mahasiswa, pelajar, masuk dalam kategori Business Plan. Tinggal daftar aja online,” kata Rudi.

Tahapannya setelah peserta melakukan pendaftaran secara gratis melalui www.wirausahamandiri.co.id, panitia akan melakukan kurasi tahap pertama untuk memilih 100 besar. Selanjutnya peserta yang masuk dalam 100 besar akan masuk kurasi tahap kedua. Pada tahap kedua ini panitia akan memilih 25 besar.

“Seleksi untuk yang bisnis plan akan kurasi akan memilih top 25 orang dari situ akan ditentukan peserta terbaik hadiah berupa uang tunai,” kata Rudi.

Panitia akan mengumumkan peserta yang lolos ke tahap Top 25 Business Plan, dilanjutkan dengan technical meeting untuk para juri pada hari yang sama, sedangkan technical meeting untuk para peserta dilakukan pada hari berikutnya sebelum masuk gladi resik peserta Top 25 Business Plan Competition.

Tahapan berikutnya peserta Top 25 Business Plan Competition memberikan presentasi mengenai ide dan rencana bisnisnya di hadapan Juri Nasional. Inilah tantangan bagi Top 25 Business Plan, bagaimana mereka meyakinkan juri bahwa ide dan rencana bisnisnya adalah yang terbaik dan layak menjadi pemenang dan mendapatkan investor! Pemenang kategori Business Plan Competition akan diumumkan hari berikutnya.

 

Business Plan Competition melibatkan para juri yang merupakan profesional muda berprestasi dan para expert di bidangnya. Ada pun bidang bisnis yang dikompetisikan terdiri dari lima kategori, yaitu Industri Perdagangan dan Jasa, Boga, Kreatif, Sosial, dan Teknologi. Dengan menentukan dua Business Plan dan Business Existing, WMM tahun ini ditargetkan dapat menjaring 3.000 peserta dari usia 18-35 tahun.

Jadi, matangkan segera ide dan rencana bisnismu. Setelah itu segera daftarkan untuk mengikuti kompetisi ini secara online melalui http://www.wirausahamandiri.co.id/. Ingat pendaftaran ditunggu sampai dengan 29 September 2021 karena pendafataran resmi ditutup pada 30 Septmber 2021. Yakinkan para juri dengan ide dan rencana bisnismu supaya mereka memilihmu sebagai pemenang!

CM

(yao)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini