Cara Cek Tagihan Listrik

Hafid Fuad, Jurnalis · Selasa 05 Oktober 2021 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 320 2481666 cara-cek-tagihan-listrik-inDKzSlnEB.jpg Cek Tagihan Listrik (Foto: Okezone)

JAKARTA - Cek tagihan listrik. Tujuannya agar pelanggan tidak lupa atau bablas dari batas waktu pembayarannya. Pasalnya, bila pembayaran tagihan listrik ini dilakukan setelah masa tenggatnya, maka PLN berhak memutuskan aliran listrik pelanggan.

Karena itu pelanggan PLN kini bisa dengan mudah mengecek jumlah tagihan listrik bulanannya. Berikut cara cek tagihan listrik PLN melalui PLN Mobile:

Unduh aplikasi PLN Mobile pada PlayStore atau AppStore. Buka aplikasi PLN Mobile. Pilih menu Catat Meter. Masukkan ID Pelanggan Kemudian, foto angka meter. Masukkan angka stand meter, kemudian kirim. Selanjutnya, secara otomatis estimasi tagihan listrik Anda bulan ini akan muncul.

Sementara bagi pelanggan PLN prabayar atau pembayaran dengan token listrik, dapat mengecek sisa pemakaian melalui cara berikut:

Baca Juga: Duh! PLN Turunkan Proyeksi Permintaan Listrik 10 Tahun ke Depan, Ada Apa?

Download dan buka aplikasi PLN Mobile. Kemudian pilih menu Kelistrikan. Lalu pilih Id Pelanggan. Perkiraan sisa pemakaian secara otomatis akan tampil. Cara cek tagihan listrik melalui pln.co.id Buka laman https://web.pln.co.id/pelanggan/informasi-tagihan-dan-token-listrik

Ketik Daftar Akun di pojok kanan bawah apabila belum terdaftar Isi data diri antara lain nama pemohon, email aktif, ID pelanggan atau nomor meter, nomor ponsel, kata sandi, dan kode captcha Klik Daftar. Masukan kode verifikasi.

Baca Juga: Cara Dapatkan Diskon Listrik Oktober 2021, Ikuti Langkah Ini

Setelah terdaftar, pelanggan bisa memasukan alamat email dan password yang sudah dibuat saat pendaftaran setelah masuk, sistem akan menampilkan informasi terkait tagihan dan riwayat pembelian listrik informasi dalam cek tagihan listrik sudah termasuk dengan pajak.

Berikut cara pelanggan cek stimulus dari pemerintah dari situs PLN. Karena ada dua cara untuk melakukan pengecekan kriteria sebagai penerima stimulus atau subsidi listrik atau tidak yakni melalui situs portal PLN dan aplikasi mobile PLN.

Buka situs https://portal.pln.co.id. Pilih Diskon Stimulus Covid-19. Isi identitas pelanggan atau nomor pelanggan. Isi captcha yang tertera pada sisi kiri halaman, Anda juga bisa me-refresh kata pada captcha, jika sulit terbaca Klik Cari. Isi info pelanggan dengan memasukkan ID Pelanggan KTP, Nama, Tarif, dan Daya Klik "Simpan"

Selain itu, bisa juga memeriksa atau mengecek apakah masuk dalam penerima stimulus atau tidak melalui aplikasi PLN Mobile yang telah terinstal dan terpasang pada ponsel. Caranya sebagai berikut:

Buka aplikasi PLN Mobile. Pilih Menu Info Stimulus. Masukan ID Pelanggan/nomor Meter Klik Kirim. Apabila Anda termasuk dalam kategori penerima stimulus listrik, maka akan muncul keterangan besaran diskon yang diberikan.

Tetapi, jika Anda tidak termasuk dalam kategori penerima diskon listrik, maka akan muncul keterangan yang memberitahukan bahwa Anda tidak mendapatkan stimulus listrik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini