Presiden Jokowi Minta Prabowo Geser Belanja Pertahanan ke Investasi

Dita Angga R, Jurnalis · Rabu 06 Oktober 2021 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 320 2482107 presiden-jokowi-minta-prabowo-geser-belanja-pertahanan-ke-investasi-SSzSGpFmsD.jpg Presiden Jokowi beri sambutan di HUT TNI (Foto: Youtube Setpres )

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa dalam penguatan budaya strategis prajurit dan perwira TNI harus tetap menjadi fondasi utama transformasi pertahanan. Dalam hal ini adalah manunggal dengan rakyat.

Baca Juga: HUT Ke-76 TNI, Khofifah : Terima Kasih atas Kontribusi Besar Tangani Pandemi

โ€œDengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta yang defensif aktif dengan pertahanan berlapis. Dan memanfaatkan lompatan teknologi militer dan investasi yang terencana,โ€ katanya pada HUT TNI Ke-76 di Halaman Istana Merdeka, Selasa (5/10/2021).

Baca Juga: HUT Ke-76 TNI, Pangkostrad Dudung Bertemu Ketum PBNU Said Aqil

Dia mengatakan bahwa modernisasi pertahanan keamanan ini ini juga harus disertai dengan terobosan pengelolaan ekonomi dan investasi pertanahan. Maka dari itu dia meminta agar kebijakan belanja pertahanan digeser menjadi investasi pertahanan.

โ€œSaya tegaskan kembali kita harus bergeser dari kebijakan belanja pertahanan menjadi kebijakan investasi pertahanan yang berpikir jangka panjang, yang dirancang sistematis dan yang dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan,โ€ ungkapnya.

Jokowi pun memerintahkan untuk terus melakukan adopsi dan inovasi teknologi mutakhir di Indonesia.

โ€œ(Harus) bergerak aktif dalam konsorsium industri pertahanan global memegang teguh semangat kemandirian dan penguatan industri dalam negeri untuk mewujudkan kekuatan pertahanan Indonesia yang lebih mumpuni,โ€ pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini