5 Fakta BLT Subsidi Gaji Terbaru, jika Tak Diambil Dikembalikan ke Negara

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 320 2485223 5-fakta-blt-subsidi-gaji-terbaru-jika-tak-diambil-dikembalikan-ke-negara-GkwUgqNHw0.jpeg Fakta BLT Subsidi Gaji yang tak diambil akan dikembalikan ke negara (Foto: Okezone)

JAKARTA BLT Subsidi Gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) saat ini sudah di tahap 5. Kementerian Ketenagakerjaan (kemnaker) menargetkan penyaluran selesai pada bulan Oktober 2021.

Pemerintah telah bekerja sama dengan bank Himbara. Pemerintah juga tengah melakukan pembukaan rekening baru secara kolektif untuk penerima BSU atau yang biasa disebut sistem Burekol.

Berikut fakta mengenai pencairan BLT Subsidi Gaji di tahun 2021 yang dirangkum Okezone, Selasa (12/10/2021).

Baca Juga: Simak! Cara Cairkan BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Tahap 5 yang Tak Punya Rekening Himbara

1. Penerima BSU diminta aktivasi rekening

Pekerja yang memenuhi syarat diminta segera aktivasi pembukaan rekening kolektif Bank Himbara untuk pencairan BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp1 juta.

2. Tidak aktivasi bantuan Rp1 juta akan dikembalikan ke negara

Pemerintah hanya memberi waktu aktivasi rekening hingga Desember 2021. Jika lewat, dana BLT subsidi gaji tidak bisa dicairkan dan kembali masuk ke kas negara.

"Dana BSU bisa digunakan jika rekening baru tersebut sudah diaktivasi. Dan jangan lupa, aktivasi rekening baru tersebut paling lambat 15 Desember 2021. Kalau sampai lewat tanggal tersebut rekening baru belum diaktivasi, maka dana BSU akan dikembalikan ke kas negara,” tulis akun Instagram Kementerian Ketenagakerjaan seperti dikutip, Jakarta, Senin(11/10/2021).

Baca Juga: Cara Cek Penerima BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta di BSU Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan

3. Langsung ditransfer ke rekening

Pemerintah telah bekerja sama dengan bank Himbara akan membuatkan rekening baru bank himbara. Oleh sebab itu, BSU yang diterima akan ditransfer langsung ke rekening yang telah dibuatkan.

“Pemerintah bekerja sama dengan bank Himbara BNI, BTN, BRI, dan Mandiri akan membuat rekening baru bank Himbara. Jadi, BSU mu akan ditransfer langsung ke rekening baru yang dibuatkan itu,” katanya.

4. Pekerja yang duplikasi bansos dicoret dari BSU

Kemnaker menemukan 758.327 data pekerja yang duplikasi bansos atau telah menerima bantuan sosial lain. Maka data tersebut dicoret sebagai penerima BSU.

"Kami telah melakukan verified data untuk menghindari bansos-bansos lain dan dikeluarkan dari data BSU," katanya.

5. Cara mengetahui pekerja akan dibukakan rekening Burekol

Kementerian Ketenagakerjaan menjelaskan bagaimana cara mengetahui pekerja akan dibukakan rekening Burekol. Berikut langkah-langkahnya:

1. Kunjungi situs website bsu.kemnaker.go.id.

2. Setelah membuat akun, masuk ke menu profil atau dengan mengunjungi profile.kemnaker.go.id.

3. Dalam web tersebut, Rekanaker akan mendapatkan status apakah sudah menjadi calon penerima BSU, telah ditetapkan sebagai penerima atau dana BSU sudah cair ke rekening.

4. Dalam laman profile tersebut, pekerja juga akan mendapatkan info rekening baru yang telah dibuatkan secara kolektif.

5. Setelah mengetahui rekening baru telah dibuatkan, pekerja bisa berkomunikasi dengan pihak manajemen perusahaan atau HRD untuk mengetahui informasi dan jadwal aktivasi rekening baru secara kolektif di perusahaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini