Wapres Yakin RI Jadi Pemain Kunci Industri Keuangan Syariah Dunia

Dita Angga R, Jurnalis · Jum'at 22 Oktober 2021 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 320 2490073 wapres-yakin-ri-jadi-pemain-kunci-industri-keuangan-syariah-dunia-UFYfMu0Gv5.jpg Wapres Maruf Amin (Foto: Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin menyebut bahwa perkembangan ekonomi syariah di Indonesia cukup menggembirakan sejak tahun 2020. Bahkan ekonomi syariah juga menjadi penopang ekonomi nasional.

“Saat ini ekonomi syariah tidak lagi sekedar menjadi pilihan bagi komunitas muslim saja, tetapi juga telah menjadi salah satu penopang kekuatan ekonomi nasional,” katanya, Jumat (22/10/2021).

Baca Juga: Wapres Minta Hati-Hati meski Ekonomi Indonesia Mulai Pulih, Ada Apa?

Menurutnya potensi keuangan syariah di Indonesia saat ini juga tidak kalah besar. Dimana berdasarkan laporan Islamic Finance Development Indicators (IFDI) 2020, Indonesia masuk lima besar dari 135 negara berdasarkan nilai asetnya yang mencapai USD 3 miliar.

Posisi tersebut di bawah Arab Saudi (USD 17 miliar), Iran (USD 14 miliar), Malaysia (USD 10 miliar), dan Persatuan Emirat Arab (USD 3 miliar).

Baca Juga: Kasus Covid-19 Menurun, Wapres Paparkan Bukti Perekonomian Indonesia Mulai Pulih

“Kita meyakini posisi Indonesia masih sangat mungkin untuk meningkat lagi, bahkan menjadi pemain kunci industri keuangan syariah dunia,” ujarnya.

Dia menegaskan bahwa komitmen untuk memperkuat pembangunan ekonomi syariah di Indonesia perlu terus diperkuat.

“Kita teguhkan dengan kaum santri sebagai bagian penting dari Masyarakat Ekonomi Syariah (MES),” ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini