Kita Bisa Lho Bantu Pulihkan Ekonomi, Simak Caranya Yuk

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Sabtu 23 Oktober 2021 22:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 23 622 2490627 kita-bisa-lho-bantu-pulihkan-ekonomi-simak-caranya-yuk-dVfBb5MABT.jpg Grafik Ekonomi (Foto: Okezone/Shutterstock)

JAKARTAPenurunan Covid-19 di Indonesia ini dilakukan masyarakat untuk membantu perekonomian negara. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia terpantau membaik dengan inflasi yang terjaga sepanjang 2021.

Dalam kehidupan masyarakat, sangat banyak yang terdampak pandemi selama satu setengah tahun. Namun, tak sedikit pula kabar bahagia dari para pencari kerja yang akhirnya berhasil menemukan "keran" penghasilan, passion baru, hingga menjadi lebih awas dalam menata keuangan.

Terkait hal tersebut, Indonesia juga berangsur pulih dan berpotensi "makin jago" dalam perekonomian. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, Ekonomi Indonesia triwulan II-2021 terhadap triwulan II-2020 mengalami pertumbuhan sebesar 7,07% year on year (yoy).

Baca Juga: Tips Investasi Emas ala Yusuf Mansur, Emak-Emak dan Milenial Wajib Baca Ini

Selain bangkit dari resesi, inflasi tanah air pun mulai stabil. Tercatat, laju inflasi terjaga di kisaran 1,3% hingga 1,6% yoy sepanjang tahun 2021 hingga saat ini.

Perencana keuangan sekaligus CEO ZAP Finance, Prita Hapsari Ghozie menyampaikan, masyarakat bisa berkontribusi dalam pemulihan ekonomi Indonesia sekaligus membenahi kemampuan finansial diri melalui rencana keuangan.

"Nah, kita pun bisa, lho, kontribusi ke pemulihan ekonomi melalui rencana keuangan. Gimana caranya?" tulis Prita dalam microblog akun Instagram resminya, @pritaghozie pada Sabtu (23/10/2021).

Baca Juga: Belajar Atur Keuangan, Simak 4 Cara Mudah di Sini

Prita berpendapat, ada empat hal yang dapat dilakukan masyarakat untuk membantu perekonomian diri sekaligus turut berkontribusi untuk tanah air. Dia merekomendasikan hal sederhana seperti membeli produk lokal dan membayar pajak sebagai kewajiban.

Adapun, Prita juga menyampaikan hal lain yang memiliki dampak baik, yakni membuka usaha baru yang dapat menggerakkan ekonomi, serta berinvestasi di pasar modal, Surat Berharga Negara (SBN) Ritel, dan properti Indonesia.

"Jangan tanya apa yang Tanah Air bisa berikan untuk kita, tapi apa yang bisa kita berikan untuk Tanah Air. Tak perlu banyak bicara, lakukan saja," tutup CEO ZAP Finance itu

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini