Share

Luhut Pangkas Masa Karantina Pelaku Perjalanan Internasional Jadi 7-10 Hari

Dita Angga R, Jurnalis · Senin 03 Januari 2022 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 03 320 2526636 luhut-pangkas-masa-karantina-pelaku-perjalanan-internasional-jadi-7-10-hari-xsgkyhqGKr.jpg Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menko bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah memutuskan mengurangi masa karantina bagi pelaku perjalanan internasional. Hal ini disampaikan seusai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Jadi tadi diputuskan karantina yang 14 hari jadi 10 hari. Dan yang 10 hari jadi 7 hari,” katanya dalam konferensi persnya, Senin (3/1/2022).

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Kritik soal Karantina, Ini Jawaban Menohok Luhut

Seperti diketahui lama karantina pelaku perjalanan internasional sebelumnya yakni 10 sampai 14 hari tergantung negara asal.

Sebelumnya saat pembukaan rapat terbatas Presiden Jokowi mengatakan bahwa hari ini terjadi kenaikan kasus omicron di Indonesia menjadi 136 kasus.

Dia mengatakan bahwa kenaikan ini mayoritas karena kasus impor dari luar negeri.

Baca Juga: Menko Luhut Tercengang Tol Becakayu Mangkrak sejak 1996

Dia pun menginstruksikan kepada Polri dan BIN untuk melakukan pengawasan terhadap karantina pelaku perjalanan internasional.

“Kalau kita lihat, kenaikan menjadi 136 kasus ini hampir seluruhnya berasal dari kasus impor. Saya harapkan sekali lagi BIN, Polri, yang menyangkut urusan karantina agar betul-betul diawasi betul,” ujarnya.

Jokowi pun menegaskan bahwa jangan ada lagi dispensasi maupun bayar membayar dalam urusan karantina.

“Oleh sebab itu saya minta betul-betul utamanya yang terkait dengan omicron ini adalah karantina bagi yang datang dari luar negeri. Jangan ada lagi dispensasi-dispensasi apalagi yang bayar-bayar itu kejadian lagi,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini