Luhut Buka Ekspor Batu Bara, 37 Kapal Pengangkut Diizinkan Berlayar

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 20:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 320 2531332 luhut-buka-ekspor-batu-bara-37-kapal-pengangkut-diizinkan-berlayar-FvfgLaOARf.jpg Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: MPI)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa pemerintah telah kembali mengizinkan untuk ekspor Batu Bara sesuai rencana dan mengklaim pasokan PLN aman.

Menurutnya sebanyak 37 kapal pengangkut batu bara siap berlayar dan berangkat ke negara tujuan ekspor mulai malam ini.

“PLN aman tidak ada (apa itu namanya) pemadaman jadi untuk yang dekat yang 15 hari cadangan jauh 20 Hari sudah ketemu, secara bertahap kita akan terus tingkatkan,” kata Menko Luhut Binsar, kata Luhut di kantornya, Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Baca Juga: Menteri ESDM Sebut Ekspor Batu Bara Dibuka jika...

Dia menjelaskan sebanyak 37 Kapal yang telah diisi oleh batu bara siap dijalankan akan dirilis dan berlayar pada malam ini.

“Jadi kapal yang sudah diisi dengan batu bara hari ini kita rilis, jadi mulai meluncur dan kapal dan kapal apanya tadi banyak (gak ingat) ekspor secara bertahap kita jalankan,” ujarnya.

Baca Juga: Jangan Kaget! Tarif Listrik Bisa Naik Gegara Batu Bara

Untuk isu pemenuhan pasokan batu bara untuk kepentingan dalam negeri (Domestic Market Obligation/ DMO) secara bertahap akan terus dijalankan.

“Jadi kalau dia sudah memenuhi Kewajiban dia dan DMOnya maka sudah boleh jalan,” pungkasnya.

Terkait pemangku kebijakan terkait, mulai dari Surat Izin Layar dari Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan PLN, dan sejumlah instansi lain sudah sepakat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini