Share

IKN Kota 10 Menit! Pejalan Kaki Boleh Segera Pindah tapi Pengguna Mobil Jangan, Kenapa?

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 23 Februari 2022 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 470 2551377 ikn-kota-10-menit-pejalan-kaki-boleh-segera-pindah-tapi-pengguna-mobil-jangan-kenapa-NSzCd66fCA.png Jokowi perbolehkan pejalan kaki segera pindah ke IKN tapi pengguna mobil jangan. (Foto: I Nyoman Nuarta)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut kalau ibukota negara (IKN) Nusantara bakal dijadikan kota 10 menit.

Jokowi menjelaskan, maksudnya itu karena jarak satu titik ke titik yang lain hanya memakan waktu sekitar 10 menit saja.

"Sehingga di ibu kota baru dari satu titik ke titik yang lain itu diperkirakan oleh city plannernya memakan waktu 10 menit. Jadi ini ten minute city, dari sini ke sini, dari sini ke sini semuanya 10 menit," ujarnya.

 BACA JUGA:Jokowi Ingin Indonesia Jadi Raja Produsen Kendaraan Listrik

Kemudian, dia menambahkan, pejalan kaki, pengguna sepeda dan transportasi umum akan diprioritaskan jika ingin segera pindah.

"Jadi yang pertama itu yang senang pejalan kaki itu silahkan pindah ke ibukota negara baru. yang senang bersepeda juga, yang ingin sehat itu juga pindahlah ke ibukota baru," katanya.

Tapi, Jokowi mengingatkan untuk pengguna mobil dengan BBM fosil dilarang pindah ke IKN.

"Kalau yang senang naik mobil, apalagi mobilnya pakai BBM fosil jangan pindah ke ibukota baru. Dan konsep besarnya adalah smart forest city. Banyak hijaunya dan banyak hutannya. Semuanya dikelola dengan teknologi modern baik transportasi, baik sistem pengairan, baik sistem kelistrikan, baik infrastruktur komunikasi, baik pelayanan publik," tegasnya.

IKN pun akan menggunakan energi hijau bernama hydropower.

Di mana nantinya, energi hijau itu untuk mempermudah akses transportasi.

 BACA JUGA:Presiden Jokowi Jelaskan Alasan Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan

Jokowi menyebut, kalau 70 persen di IKN wajib area hijau dan 80 persen mobilitas menggunakan transportasi publik.

"Kemudian juga 80 persen lebih nanti akan menggunakan energi hijau yaitu dari hydropower yang ingin kita bangun di sungai kayan di Kalimantan Utara," jelasnya.

Baca Selengkapnya: IKN Nusantara Kota 10 Menit! Jokowi: Yang Senang Jalan Kaki Pindahlah ke Ibu Kota Baru, yang Naik Mobil Jangan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini