Share

Mudik Lebaran 2022 Jadi 'Vitamin' Industri Ritel

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Senin 09 Mei 2022 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 09 320 2591211 mudik-lebaran-2022-jadi-vitamin-industri-ritel-Nf7ocAXt5F.jpg Sektor ritel meningkat berkat momen Lebaran (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Sektor ritel mengalami peningkatan selama momen mudik hingga Lebaran Idul Fitri. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey membeberkan beberapa faktor pemicu peningkatan ritel modern selama Idul Fitri.

Pertama, adanya peningkatan belanja pada 2-3 hari sebelum puasa dimulai. Kedua, pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) secara penuh kepada karyawan, dan yang ketiga acara silaturahmi seperti makan bersama dengan kerabat serta pergi rekreasi.

"Nah ini yang meningkatkan kondisi konsumsi kita. Selain itu, karena memang kita sudah mulai berhasil menangani Covid-19," ujar Roy saat berdialog di IDX Channel, Senin (9/5/2022).

Dia pun optimistis kebangkitan ritel modern ini akan terus berlanjut meski sudah tidak lagi dalam momen lebaran. Bahkan Roy bilang, industri ritel sudah mulai dilirik oleh para investor baik dari dalam maupun luar negeri.

Selain itu, dengan melandainya Covid-19 di Indonesia, maka mobilitas akan berangsur normal. Pasalnya, industri ritel sangat tergantung dengan mobilitas masyarakat.

"Contohnya mudik kemarin di mana pemerintah memproyeksikan ada 85 juta pemudik, maka paling tidak 50% yang terdiri dari orang tua, pasti akan membelanjakan uangnya untuk keperluan mudiknya," terangnya.

Lanjut Roy mengatakan, peningkatan ritel modern ini bukan terjadi pada ritel modern yang ada di Jakarta saja, melainkan di semua provinsi.

Disebutnya, momen lebaran kemarin merupakan waktu yang baik untuk para ritel memperoleh peningkatan usai lesu akibat pandemi Covid-19.

"Jadi kondisi seperti ini kalau saya ikuti dari laporan anggota, tidak hanya di Ibu Kota ataupun pulau Jawa sana. Tetapi di luar pulau Jawa, itu juga sudah mulai bergeliat," pungkas Roy.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini