Share

Bertemu World Bank, Sri Mulyani Bahas Pajak Karbon hingga Blue Economy

Michelle Natalia, Sindonews · Kamis 07 Juli 2022 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 07 320 2625320 bertemu-world-bank-sri-mulyani-bahas-pajak-karbon-hingga-blue-economy-7FM7pDU7zk.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menerima kunjungan Satu Kähkönen, Country Director for Indonesia and Timor-Leste World Bank.

Mereka pun berbicang mengenai begitu banyak hal, utamanya mengenai perubahan iklim dan transisi energi.

"Salah satu yang menjadi fokus pembahasan kami adalah bagaimana meningkatkan dampak transisi energi terhadap perekonomian. Karbon contohnya, kami membicarakan mengenai bagaimana kita mengubah pandangan terhadap karbon, bagaimana kita tidak hanya melihatnya sebagai polusi namun juga sebagai value yang dapat kita input," ujar Sri dalam akun Instagramnya @smindrawati di Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Carbon tax dan carbon market adalah hal yang baru bagi Indonesia, namun perlu dipersiapkan dengan baik. Investasi pada generasi muda melalui pola komunikasi dan edukasi yang baik menjadi kunci, karena mereka lah yang akan menentukan dan menjalani masa depan bangsa Indonesia.

Selain itu, sebagai bangsa maritim yang memiliki teritori laut yang begitu luas, Indonesia perlu menggarap serius blue economy.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

"Bagaimana kita bisa menilai lebih akurat nilai lautan kita dan yang terkandung di dalamnya? bagaimana kita bisa memanfaatkannya untuk mendorong perekonomian bangsa?," ungkap Sri.

Satu mewakili World Bank menyampaikan dukungan penuhnya akan upaya-upaya Indonesia dalam melakukan transisi energi hingga mencapai Net Zero Emission. Memaksimalkan potensi ekonomi dari sektor terbarukan juga menjadi hal yang begitu krusial.

"Saya harap diskusi seperti ini dapat membantu bangsa kita dalam memanfaatkan seluruh potensi energi terbarukan kita yang begitu kaya. Saya juga mengundang rombongan World Bank untuk menghadiri rangkaian agenda G20 yang akan segera dihelat di Bali pada bulan ini," pungkas Sri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini